4 Langkah Agar Anak Akur Dengan Saudara Tirinya

Bercerai dan menikah lagi, lalu apa yang akan terjadi dengan anak-anak Anda?

Biasanya, anak dari orangtua yang bercerai dan menikah lagi, akan menghadapi keluarga campuran atau keluarga barunya. Keluarga campuran yang baru ini diharapkan bisa menciptakan rumah yang bahagia, baik untuk anak-anak dan juga orangtua.

Menjadi keluarga campuran terkadang dapat menimbulkan konflik dan kebencian, apalagi antar anak kandung dengan anak tiri. Mereka mungkin merasa tidak nyaman dengan kehadiran orang baru di keluarganya.

Namun, apakah mungkin anak akur dengan saudara tirinya? Tentu ya, tapi memang butuh waktu, komitmen, kesabaran, dan batas-batas baik dari kedua orangtuanya. Berikut beberapa tips untuk Anda agar anak akur dengan saudara tirinya.

Tips agar anak akur dengan saudara tirinya

1. Ajari anak-anak untuk berbagi dan saling menghormati

Mengajarkan anak-anak untuk berbagi dan menghormati akan kepemilikan satu sama lain itu penting. Selama proses pencampuran keluarga, anak-anak akan merasa gaya hidupnya mungkin akan berubah.

Penting bagi anak-anak Anda untuk saling berbagi jika dalam satu rumah. Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk membuat jadwal supaya anak-anak bergantian menggunakan sesuatu, jika satu anak merasa saudara mereka mendapatkan jatah lebih banyak.

Selain itu, penting juga untuk mengajari anak-anak untuk saling menghargai satu sama lain. Ajari mereka bahwa ada beberapa hal yang tidak bisa mereka ambil atau gunakan. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda menghormati barang-barang pribadi mereka dan mengharapkan mereka lakukan hal yang sama untuk masing-masing.

2. Berikan anak Anda privasi

Anak-anak, terutama di usia remaja, membutuhkan privasi. Menggabungkan keluarga Anda dengan keluarga pasangan Anda dapat membuat mereka merasa seperti ruang dan privasi mereka diambil.

Ruang pribadi atau privasi menjadi hal yang penting dalam keluarga campuran. Bila memungkinkan, anak-anak harus memiliki kamar sendiri. Namun, jika mereka tidak bisa memiliki kamar yang terpisah, pastikan mereka tetap bisa memiliki privasi untuk dirinya sendiri.

Misalnya mereka tetep bisa memiliki mainan, atau barang yang menjadi miliknya sendiri. Bukan berarti Anda tidak mengajarkannya untuk berbagi. Namun, beri anak ruangnya sendiri.

3. Luangkan waktu untuk mendekatkan diri

Bila Anda ingin anak akur dengan saudara tirinya, pastikan Anda juga bisa meluangkan waktu untuk saling mengenal dan mendekatkan diri dengan anak tiri Anda. Misalnya, Anda mungkin mencoba meluangkan waktu makan keluarga bersama dan membicarakan apa yang sudah mereka lalui di hari itu. Atau Anda bisa melakukan liburan bersama.

4. Jadilah contoh yang baik

Anak-anak dan anak-anak Anda mengambil banyak hal hanya dari mengamati Anda dan pasangan Anda, jadi pastikan untuk memberi contoh yang baik. Berbicara dengan mereka dan satu sama lain dengan hormat dan baik hati, bahkan saat hal-hal yang tegang. Biarkan mereka melihat Anda menangani konflik dengan anugerah dan rasa keadilan yang kuat. Tunjukkan pada mereka bagaimana cara mendengarkan dan perhatian, dengan mendengarkan dan bersikap memperhatikan dengan mereka dan pasangan Anda.

The post 4 Langkah Agar Anak Akur Dengan Saudara Tirinya appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2Hrqaqk


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar