10 Cara Alami Mengatasi Kulit Kusam

Kulit kusam adalah masalah banyak orang, terutama yang sering beraktivitas di luar ruangan, terpapar sinar matahari, debu, dan polusi selama berjam-jam setiap harinya. Meski mengganggu penampilan dan membuat Anda terlihat lebih gelap, kulit kusam bukan masalah estetika saja. Anda mungkin berpikir bahwa kulit hanyalah pelindung luar saja, tetapi kulit juga adalah organ yang sama pentingnya dengan bagian tubuh lain dan memiliki banyak tugas penting.

Merawat kulit bukan untuk kecantikan saja, tapi juga kesehatan

Kulit adalah lapisan utama dari sistem imun yang melindungi Anda dan kuman seperti virus dan bakteri. Kulit juga melindungi Anda dari matahari, dingin, goresan, luka, dan kelembaban. Tentu saja, kulit juga berperan sebagai indera peraba yang penting dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti bagian tubuh dalam lainnya, kulit dapat menjadi sehat atau sakit. Kulit dapat ternutrisi dengan baik atau kekurangan nutrisi. Kulit dapat dilatih, dan dapat terpengaruh usia atau rangsangan dari luar. Misalnya, seiring bertambahnya usia kulit kita bertambah tipis dan kering. Hal seperti keriput, noda hitam, lingkaran hitam, pori-pori besar, adalah masalah lain yang sering dialami kulit

Walaupun Anda tidak bisa mengatur perubahan kulit akibat usia, Anda dapat mengatur beberapa faktor lain yang berkenaan dengan proses penuaan ini, seperti paparan sinar matahari, kehilangan estrogen selama menopause, pola makan yang kurang baik, stress, dan merokok.

Tidak seperti organ lain di tubuh kita, Anda dapat menggunakan obat, pelembap, dan ramuan kesehatan lainnya langsung ke kulit. Untuk alasan itu, tidak ada alasan bagi Anda untuk memiliki kulit kusam dan tidak sehat. Jadi, agar kesehatan kulit terjaga dan wajah tetap terlihat muda, sehat, dan bercahaya, ikuti tips berikut ini.

10 langkah mencegah dan mengatasi kulit kusam

1. Hindari mandi air panas terlalu lama

Meski mandi dengan air panas itu membuat tubuh rileks, tapi pastikan jangan terlalu lama menghabiskan waktu untuk itu. Mandi air panas yang lama dapat menghilangkan kelembaban kulit dan menghilangkan minyak alami kulit. Jadi, batasi mandi selama 10 menit dan gunakan air yang sejuk.

2. Periksa kekeringan kulit setelah menggaruk dengan kuku

Sering melihat garis putih setelah menggaruk salah satu bagian kulit? Ini artinya, kulit kering dan butuh dilembapkan. Pilih pelembap yang cocok dengan jenis kulit dan pakai dengan rutin.

3. Perlakukan leher dan dada seperti bagian dari wajah Anda

Leher dan dada bagian atas merupakan bagian kulit sensitif, membuatnya menjadi area utama tanda penuaan seperti kering, noda hitam, dan keriput. Untuk menjaga area ini tetap muda, gunakan pembersih wajah krim yang menghidrasi dan membersihkan dengan lembut. Setelahnya, lapisi dengan pelembab berbentuk krim. Jika area ini sangat kering, gunakan masker pelembab wajah 2 kali dalam sebulan.

3. Makan kacang kedelai setiap hari

Suka tahu dan tempe? Kalau begitu, Anda bisa dengan cepat atasi kulit kusam. Ya, konsumsi kacang kedelai dapat membuat kadar protein terjaga dan akhirnya protein ini dapat digunakan sebagai bahan pembuat kolagen (zat yang memelihara kesehatan kulit).

Isoflavon dalam kedelai juga dapat bertindak sebagai antioksidan untuk menjaga kolagen dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas, molekul reaktif yang dapat melemahkan atau menghancurkan sel membran. Radikal bebas dapat juga menghancurkan DNA, memunculkan noda hitam penuaan dan keriput, dan mendepresikan sistem imun, meningkatkan risiko kanker kulit.

Sumber isoflavon kedelai yang baik bisa didapatkan dari susu kedelai (20-35 mg isoflavon per sajian) dan tahu (20-30 mg isoflavon kedelai per sajian). Menurut penelitian, untuk mengatasi kulit kusam, Anda bisa mencoba makan kacang kedelai sebanyak 160 miligram per hari.

berhenti pakai makeup

4. Produk kecantikan Anda harus bersih dan simpel

Jangan terlalu banyak menggunakan produk kecantikan. Justru, hal ini membuat kulit tidak sehat. Belum tentu, produk kecantikan yang Anda beli cocok bagi kulit, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Jadi, jauhi produk dengan warna, aroma wangi semerbak, yang membuat busa berlebihan, atau yang mengandung anti-bakteri. Semua itu dapat mengiritasi kulit dan akhirnya membuat kulit jadi rusak.

5. Gunakan beberapa tetes minyak zaitun di kulit Anda

Oleskan minyak zaitun di siku, dengkul, dan di balik lengan Anda setiap sore. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh  yang dapat menyegarkan dan menghidrasi kulit tanpa meninggalkan residu.

6. Gunakan krim pelembab dan kaus kaki

Jika kulit kaki Anda sangat kering dan pecah-pecah, oleskan lotion atau krim yang melembabkan pada kaki sebelum tidur, kemudian pakai kaus kaki semalaman saat tidur. Anda akan terbangun dengan kaki yang jauh lebih halus di pagi hari.

7. Pilih pelembab yang mengandung humektan

Humektan menarik air ketika dioleskan ke kulit dan akan meningkatkan kelembabannya. Humektan yang baik akan mengandung glycerin, propylene glycol, dan urea. Cari juga produk kulit yang mengandung alpha-hydroxy acids (AHA), bahan yang membantu mengurangi keriput dan memperbaiki kulit kering, jerawat, dan noda penuaan. AHA, yang secara alami terkandung pada anggur, apel, jeruk citrus, dan susu asam (seperti buttermilk atau yoghurt), bekerja dengan memperlambat penuaan kulit, sehingga kulit dapat tampak lebih muda.

8. Gunakan loofah (sikat mandi) setiap hari

Ketika mandi, perlahan gosok bagian kulit yang tebal dengan gerakan memutar dengan loofah, untuk menyingkirkan kulit mati.

9. Gel lidah buaya untuk kulit super kering

Asam yang ada pada lidah buaya akan menghilangkan sel kulit mati dan mempercepat proses penyembuhan. Potong ujung lidah buaya dan olesi gelnya pada kulit kering Anda.

10. Haluskan kulit siku yang kasar dengan jeruk bali merah (grapefruit)

Pertama, basahi siku Anda dengan air, kemudian potong setengah jeruk bali merah (grapefruit) dan kompreskan potongan buah tersebut pada siku Anda selama 15 menit. Asam pada jeruk ini akan memberikan kelembutan ekstra pada kulit.

The post 10 Cara Alami Mengatasi Kulit Kusam appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2t3dJy2


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar