Olahraga Rutin Ternyata Bermanfaat Bagi Orang Dengan Penyakit Kusta

Siapa bilang orang yang sedang sakit tidak boleh olahraga? Olahraga ternyata juga diperlukan oleh orang yang sedang sakit, termasuk orang dengan kusta. Pasalnya, ada banyak manfaat olahraga untuk kusta. Apa saja? Lalu, seperti apa olahraga untuk kusta yang paling baik?  

Apa saja manfaat olahraga untuk kusta?

Penyakit kusta adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Myobacterium leprae yang menyerang beberapa bagian tubuh, seperti kulit, sistem saraf, mata, hingga selaput lendir pada saluran pernapasan. Beberapa gejala yang umum terjadi pada orang dengan kusta adalah otot menjadi lemah dan mengalami penurunan fungsi. Maka itu, sebenarnya orang dengan kusta harus melakukan olahraga secara rutin agar ototnya tetap bisa digunakan.

Olahraga saat ini sudah menjadi kebutuhan semua orang, bahkan orang yang memiliki penyakit tertentu sekali pun. Tentu saja, jenis olahraga harus disesuaikan dengan kemampuan pasien. Hal yang paling penting adalah tetap aktif bergerak, agar otot-otot tidak mengecil dan kaku. Ini juga yang harus dilakukan oleh para pasien kusta, yaitu olahraga rutin untuk membuat kondisi otot tubuhnya tak semakin parah.

Tak hanya itu saja, olahraga rutin juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Dilansir dari Medline Plus, selain membuat tubuh jadi bugar, olahraga rutin juga mampu meningkatkan jumlah sel darah putih yang berperan dalam mempertahankan kesehatan tubuh. Suhu tubuh Anda selama dan setelah olahraga, telah terbukti dapat membuat bakteri berhenti berkembang biak di dalam tubuh.

Jadi, olahraga untuk kusta banyak manfaatnya, tentunya hal ini juga bisa membantu pengobatan menjadi lebih efektif.

manfaat olahraga untuk kognitif otak

Seperti apa olahraga untuk kusta yang baik?

Sebenarnya, tidak ada patokan atau anjuran olahraga khusus yang baik dilakukan oleh orang dengan kusta. Hal ini tergantung dengan kemampuan dan kondisi kesehatan pasien masing-masing. Pada awalnya, mungkin Anda butuh panduan dan bimbingan dari ahli fisioterapi. Hal ini untuk memastikan bahwa gerakan yang dilakukan aman dan otot menjadi lentur, apalagi jika Anda baru saja menjalani pengobatan.

Setelah itu, Anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga sendiri di rumah. Olahraga untuk kusta tak perlu olahraga kardio yang berat atau latihan kekuatan tubuh. Asalkan Anda melakukan gerakan stretching (peregangan) rutin yang membuat otot-otot tubuh tetap digunakan.

Anda bisa memulainya dengan berjalan-jalan santai di sekitar rumah. Kemudian diakhiri dengan melakukan gerakan sederhana. Atau Anda juga bisa mengadopsi beberapa gerakan yoga yang cenderung aman dan baik bagi otot Anda.

Namun, sebelum melakukan olahraga, pastikan bahwa Anda telah berdiskusi serta konsultasi dengan dokter. Tanyakan pada dokter hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan, khususnya dalam hal olahraga. Pasalnya, masing-masing kemampuan dan kondisi tubuh orang berbeda, jadi jangan ragu untuk bertanya terlebih dulu pada dokter yang menangani Anda.

The post Olahraga Rutin Ternyata Bermanfaat Bagi Orang Dengan Penyakit Kusta appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2Gn6m75


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar