Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat Hipertensi?

Bagi Anda yang punya tekanan darah tinggi (hipertensi), mungkin khawatir ketika harus menyusui si kecil. Ya, tak sedikit ibu dengan hipertensi ragu untuk memberikan ASI pada bayinya, karena takut obat hipertensi yang diminum saat itu juga ikut masuk ke dalam ASI dan memengaruhi kesehatan bayi. Akan tetapi, apakah benar harus berhenti minum obat hipertensi kalau sedang menyusui? Apakah obat tersebut berbahaya bagi kesehatan bayi? Ini dia jawabannya.

Bagaimana jika harus minum obat hipertensi saat menyusui?

Hipertensi adalah gangguan kesehatan kronis yang tidak bisa disembuhkan dan hanya dapat dikendalikan saja. Maka itu, untuk membuat tekanan darah Anda terus normal, dokter menganjurkan untuk minum obat hipertensi. Mungkin sebelum punya bayi, Anda tidak masalah jika harus minum obat tekanan darah tinggi setiap hari. Namun, bagaimana jika harus minum obat hipertensi saat menyusui? Apakah obat akan masuk ke dalam ASI juga?

Banyak ibu yang mengira seperti itu, sehingga mereka enggan menyusui bayinya atau bahkan berhenti minum obat tanpa sepengetahuan dokter. Padahal, telah ada bukti ilmiah bahwa memberikan ASI ekslusif dapat membantu menurunkan tekanan darah pada ibu. Jadi, memang sebaiknya tetap berikan si kecil ASI eksklusif meski Anda memiliki tekanan darah tinggi.

Selain itu, sebenarnya hampir semua obat hipertensi cenderung aman untuk dikonsumsi ketika menyusui. Walaupun memang benar, semua yang Anda konsumsi, termasuk obat, akan bisa masuk ke dalam ASI. Kadar obat hipertensi yang masuk ke dalam ASI tentu tidak banyak, sehingga tak menimbulkan efek samping apa pun pada si kecil.

Namun, hati-hati dengan bayi yang masih prematur. Pemberian ASI yang mengandung suatu obat tertentu, bisa saja memengaruhi kesehatannya karena fungsi tubuhnya – terutama ginjal – belum benar-benar sempurna.

Jadi sebaiknya Anda selalu berkonsultasi dulu pada dokter sebelum menggunakan atau menghentikan obat hipertensi. Menghentikan atau mengonsumsi obat tidak sesuai dengan anjuran bisa mengganggu kesehatan Anda mau pun sang bayi.

Apa saja obat hipertensi yang aman untuk diminum saat menyusui?

Ya, hampir semua obat hipertensi aman untuk Anda minum saat menyusui. Namun, hal ini sebenarnya tergantung dengan kondisi fisik serta dosis obat yang Anda minum. Semakin parah hipertensi yang dimiliki, maka semakin ‘ampuh’ pula obat yang diberikan dokter.

Jika hal ini terjadi, mungkin saja dokter akan menyarankan Anda untuk tidak menyusui terlebih dahulu karena akan memengaruhi kesehatan sang bayi. Akan tetapi, sekali lagi, Anda harus berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.

Beberapa jenis obat hipertensi yang aman untuk diminum saat menyusui yaitu:

Untuk tahu apakah memang aman minum obat hipertensi saat menyusui, maka sebaiknya bicarakan hal ini pada dokter. Tanyakan juga waktu yang tepat untuk minum obat hipertensi tersebut, apakah ada ketentuan minum sebelum memberikan ASI atau sebaliknya.

Bagaimana jika bayi mengalami reaksi atau suatu gejala tertentu?

Bila ketika Anda menyusui dan si kecil mengalami suatu gejala tertentu seperti perubahan pola makan, pola tidur, hingga timbul masalah kulit tertentu, jangan panik dulu. Belum tentu gejala itu berasal dari obat hipertensi yang Anda konsumsi. Jadi, jika hal tersebut terjadi pada bayi Anda maka segera periksakan si kecil ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.

The post Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat Hipertensi? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2DwMaxG


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar