Berbagai Kondisi Penyebab Lidah Anda Berwarna Putih, dari yang Umum Sampai yang Perlu Cek ke Dokter

Pada umumnya, lidah memang memiliki lapisan tipis berwarna putih keabuan. Ini bukanlah kondisi yang perlu terlalu dikhawatirkan karena tidak berbahaya. Namun dalam beberapa kasus, penampakan lidah putih dapat menandakan gangguan kesehatan yang lebih serius. Berikut adalah beragam kemungkinan penyebab lidah berubah warna putih, dari yang sepele sampai yang harus dibawa ke dokter.

Berbagai penyebab lidah putih

1. Kebersihan gigi dan mulut yang buruk

Penyebab paling umum dari lidah putih adalah kebersihan mulut yang buruk. Permukaan lidah tertutupi oleh tonjolan-tonjolan kecil papil yang dilapisi oleh selaput lendir. Ketika Anda jarang sikat gigi dan/atau menggosok lidah, sisa makanan bisa terperangkap di sela-sela papila dan menumpuk bersama sel kulit mati sehingga membentuk plak berwarna keputihan di atas permukaan lidah. Plak lidah putih inilah yang kemudian digerogoti oleh bakteri dalam mulut sebagai bahan makanannya. Lama-lama, papila bisa meradang dan membengkak karenanya.

2. Masalah terkait mulut

Lidah Anda bisa berubah warna menjadi putih sebagai hasil dari beberapa masalah yang terkait kesehatan mulut, seperti:

  • Mulut kering
  • Dehidrasi
  • Iritasi akibat kawat gigi atau gigi palsu
  • Demam
  • Merokok
  • Mengonsumsi minuman beralkohol
  • Lebih banyak mengonsumsi makanan yang lunak
  • Obat-obatan seperti antibiotik, yang bisa menyebabkan infeksi jamur di mulut Anda.

Selain itu, kebiasaan bernapas melalui mulut juga bisa menyebabkan warna lidah memutih karena kondisi mulut yang kering.

 

3. Leukoplakia

Leukoplakia menyebabkan munculnya bercak putih di pipi dalam, gusi, mulut dan terkadang di lidah. Leukoplakia sering dimiliki oleh perokok atau orang yang mengunyah tembakau. Selain itu, ketergantungan alkohol atau peradangan dan iritasi dari gigi palsu juga bisa menyebabkan kondisi ini.

Bercak putih leukoplakia biasanya tidak berbahaya, tapi dalam kasus yang jarang terjadi, kondisi ini bisa berkembang menjadi kanker.

4. Lichen planus

Lichen planus merupakan kondisi peradangan yang bisa memengaruhi mulut dan menyebabkan bercak putih tebal di mulut dan lidah. Selain itu, gusi Anda mungkin terasa sakit dan mengalami luka di sepanjang lapisan dalam mulut Anda.

Kondisi ini disebabkan karena adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh. Sel-sel kekebalan tubuh, yang biasanya melindungi tubuh dengan menghancurkan bakteri atau virus, mulai menyerang sel kulit atau selaput mulut yang sehat.

5. Oral thrush

Oral thrush atau infeksi kandidiasis mulut adalah infeksi yang disebabkan jamur Candida. Kondisi ini menyebabkan bercak putih pada mulut dan lidah.

Orang yang memiliki diabetes, sistem kekebalan tubuh yang lemah dari konidisi seperti HIV/AIDS, kekurangan zat besi atau vitamin B, atau jika memakai gigi palsu lebih berisiko terkena oral thrush.

6. Sipilis

Sifilis adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri dan dapat menyebabkan gejala  lidah putih yang disebut leukoplakia sifilis.

7. Penyebab lain

Kondisi yang jarang tapi terkadang serius dapat menyebabkan lidah putih, yaitu:

  • Kanker mulut atau lidah bisa menyebabkan lidah putih, dan kondisi mulut lainnya juga bisa membuat gejalanya memburuk.
  • Gangguan peradangan kronis yang dapat memengaruhi lidah.

The post Berbagai Kondisi Penyebab Lidah Anda Berwarna Putih, dari yang Umum Sampai yang Perlu Cek ke Dokter appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2Gnscr9


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar