Apakah Bisa Tingkatkan Kepadatan Tulang Dengan Berenang?

Merawat tulang menjadi hal wajib yang harus dilakukan agar terbebas dari pengeroposan tulang dan penyakit tulang lainnya di masa mendatang. Olahraga menjadi menjadi salah satu pilihan yang efektif untuk menjaga kesehatan tulang selain makan makanan sehat.

Namun, tidak semua jenis olahraga bisa menjaga fungsi tulang Anda. Lalu bagaimana dengan berenang, yang katanya bisa bikin badan lebih tinggi? Bukankah itu berarti berenang baik untuk menjaga kesehatan tulang? Eits, tunggu dulu. Simak penjelasan di bawah ini untuk mencari tahu jawaban pastinya. 

Apakah berenang cocok untuk meningkatkan kepadatan tulang?

Dilansir dari laman Livestrong, berenang bukanlah olahraga yang tepat untuk meningkatan kepadatan tulang. Jika ingin meningkatkan kepadatan tulang, lebih cocok dengan olahraga yang memberi beban pada tulang. Olahraga seperti ini dikenal dengan nama latihan beban (tidak sama dengan latihan angkat beban).

Latihan ini mencakup aktivitas fisik yang mengharuskan Anda menahan beban tubuh menggunakan otot dan tulang kaki atau tangan. Contohnya jalan cepat, jogging, lari, lompat tali, bulu tangkis atau tenis, yoga, dan olahraga permainan lainnya yang membutuhkan gerakan berlari atau berjalan. Itu semua memberi pembebanan maksimal pada tulang.

Kenapa berenang kurang tepat untuk meningkatkan kepadatan tulang?

Renang adalah olahraga yang melawan gaya gravitasi. Efek dari adanya gaya gravitasi adalah terbentuknya berat. Nah, saat berenang yang terjadi justru efek hypogravity, efek gravitasi yang harusnya dirasakan akan dikurangi oleh air. Daya apung yang didapatkan saat berenang tidak memberi berat pada tulang untuk menahannya.

Padahal, untuk menghasilkan tulang yang kuat, diperlukan olahraga yang bisa memberi beban yang cukup pada tulang. Dengan adanya pembebanan, tulang akan merespon dengan membangun lebih banyak sel sehingga menjadi lebih padat. Secara khusus, olahraga yang memberi pembebanan akan merangsang sintesis osteoblas, yaitu sel yang membangun tulang.

Namun, ini tidak terjadi pada olahraga renang. Hal inilah yang membuat banyak orang menyimpulkan bahwa berenang tidak memiliki manfaat bagi tulang. Namun tunggu dulu, kesimpulan itu terlalu dini. Sebab ternyata masih ada faktor lain yang perlu Anda ketahui tentang manfaat renang untuk menjaga kesehatan tulang.

mengatasi rasa sedih

Berenang tetap baik untuk menjaga kesehatan tulang

Meskipun berenang tidak memberikan manfaat seperti jenis latihan beban, Anda tetap bisa mendapatkan manfaat baik berenang bagi kesehatan tulang.

Jurnal PLoS One tahun 2013 menunjukan bahwa berenang tidak berdampak negatif terhadap massa tulang. Dilakukan perbandingan antara kelompok perenang dengan kelompok kontrol  (kelompok orang yang beraktivitas biasa, bukan olahragawan) dalam penelitian ini.

Perenang memiliki laju bone turnover atau proses pergantian tulang yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Pergantian tulang ini adalah proses berkelanjutan dalam pembaharuan tulang.

Sel tulang yang tua atau rusak akan diserap, dan tulang baru akan dibentuk untuk menggantikannya. Laju pergantian tulang yang tinggi akan membuat struktur tulang terbentuk lebih kuat dan lentuk (lentur), sehingga lebih bisa menahan terjadinya tulang patah.

Renang juga mencegah patah tulang

Renang memang tidak menambah kepadatan tulang, tetapi renang bisa meningkatkan massa otot. Peningkatan massa otot akan berdampak pada pembentukan formasi tulang. Penambahan massa otot akan menciptakan tekanan tambahan pada tulang, sehingga merangsang pembentukan sel tulang agar tulang menjadi lebih kuat.

Berenang dapat dijadikan salah satu rutinitas olahraga untuk mencegah patah tulang yang aman. Bagi orang yang memiliki risiko patah tulang yang tinggi, berenang bisa menjadi olahraga yang tepat. Contoh, orang obesitas yang memberi beban besar pada tulang kakinya, orang yang mengalami osteoporosis, dan kondisi serupa lainnya.

Efek hypogravity renang ini juga membuat risiko terjadinya cedera lebih rendah dibandingkan olahraga lainnya.

Kombinasikan renang dengan latihan lainnya untuk kesehatan tulang yang optimal

Jika Anda sudah menyukai olahraga ini, tetap lanjutkan saja. Sebab renang juga memberikan banyak manfaat untuk jantung, paru, sendi, otot, dan saraf. Namun, untuk menjaga kesehatan tulang secara optimal, berenang saja tidak cukup.

Kombinasikan aktivitas renang Anda dengan olahraga lain seperti jogging atau lompat tali untuk menambahkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

The post Apakah Bisa Tingkatkan Kepadatan Tulang Dengan Berenang? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2ncoubO


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar