Menghadapi Rasa Cemas dan Takut Setelah Didiagnosis Kanker Prostat

Tidak mudah menghadapi ketok palu diagnosis kanker prostat. Rasa cemas, kalut, khawatir, dan takut mengenai masa depan mungkin bercampur aduk dalam benak Anda. Reaksi ini adalah hal yang wajar. Meski begitu, Anda tidak boleh putus asa. Stres berlebihan justru dapat menghambat jalannya proses pengobatan kanker. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi rasa takut setelah diagnosis kanker prostat.

Tips mengatasi rasa takut setelah diagnosis kanker prostat

1. Cari informasi sedetail mungkin

Menggali informasi seputar metode pengobatan kanker prostat, termasuk efektivitas dan efek sampingnya, hingga perawatan diri selama berobat dapat membantu Anda mempersiapkan diri terhadap setiap kemungkinan yang dapat terjadi.

Itu sebabnya, jangan ragu untuk bertanya ke dokter, perawat, atau petugas kesehatan lainnya apabila Anda tidak mengerti mengenai istilah medis atau jenis pengobatan yang berkaitan dengan kanker prostat. Tim medis Anda adalah sumber yang paling terpercaya untuk membantu Anda menghadapi kanker prostat.

Selain itu, Anda juga bisa mendapat informasi tentang kanker prostat dari internet, komunitas, forum, seminar, atau orang yang mengalami hal serupa. Ingat, mengetahui lebih banyak tentang penyakit yang Anda alami akan membantu Anda merasa lebih tenang dan nyaman dengan jalannya perawatan Anda.

2. Pilih dokter yang tepat untuk lakukan pengobatan

Carilah dokter yang menurut Anda paling nyaman diajak berkomunikasi dan mampu menanggapi berbagai keluh kesah yang Anda rasakan. Aktiflah berdiskusi dengan dokter Anda terkait apa yang harapkan dari hasil tes, prosedur, proses pengobatan, maupun efek samping yang mungkin timbul dari pengobatan. Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi dalam mempersiapkan diri Anda menghadapi segala kemungkinan yang ada. 

3. Minta dukungan keluarga

Gejolak emosi negatif adalah reaksi yang wajar saat Anda divonis terkena kanker prostat. Namun jika Anda tidak bisa mengatasinya, ini bisa memengaruhi kesehatan fisik Anda. Bahkan beberapa kasus, hal tersebut bisa menyebabkan Anda mengalami frustasi dan depresi. Itu sebabnya, jangan sungkan untuk meminta dukungan keluarga, entah itu dari pasangan, anak, sanak saudara, ataupun kerabat dekat Anda.

Peran keluarga dalam membantu Anda berjuang melawan kanker prostat sangatlah besar. Pertimbangkan untuk membawa orang-orang di sekitar Anda setiap datang konsultasi. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan suntikan semangat dan dukungan emosional agar bisa melewati masa-masa menantang saat pengobatan berlangsung.

4. Lindungi diri Anda dari cerita negatif

Kebanyakan orang yang didiagnosis kanker mengalami stres berat karena mendengarkan cerita dari orang sekitarnya tentang hal-hal negatif mengenai kanker. Namun, jangan biarkan hal negatif tersebut mengendalikan hidup Anda.

Jika ada beberapa orang yang bermaksud baik untuk menceritakan tentang cerita orang lain yang berjuang melawan kanker, sampaikan pada mereka dengan mengatakan “Aku hanya ingin mendengar cerita dengan akhir yang bahagia!”. Meski terdengar ketus, hal ini bisa jadi cara ampuh untuk melindungi diri Anda dari cerita-cerita negatif yang justru membuat Anda semakin stres dan terpuruk untuk berjuang melawan penyakit ini.

5. Lakukan berbagai hal yang positif

Cobalah untuk mencari pengalaman berharga yang bisa memperkaya hidup, menerima diri Anda sendiri, serta menghabiskan waktu dengan orang-orang yang berenergi positif. Pasalnya hal-hal tersebut dapat menguatkan diri Anda sendiri dan membantu Anda menentukan pilihan terbaik terkait penyakit ini.

Jika Anda orang yang aktif, Anda juga bisa bergabung dalam komunitas, organisasi, serta grup aktivis yang ada kaitannya dengan kanker prostat. Intinya, lakukan apapun yang Anda rasa dapat menghubungkan Anda dengan orang lain yang mengalami kondisi serupa dengan cara yang positif.

The post Menghadapi Rasa Cemas dan Takut Setelah Didiagnosis Kanker Prostat appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2BCc3v6


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar