Mengenal Perbedaan 3 Jenis Operasi Kanker Pankreas

Kanker pankreas adalah penyakit di mana adanya peningkatan jumlah sel yang tidak normal di dalam pankreas. Pankreas sendiri adalah sebuah kelenjar yang berperan dalam membantu mencerna makanan dan memproduksi berbagai macam hormon insulin untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Dalam banyak kasus, operasi bisa jadi salah satu cara efektif untuk penyembuhan kanker pankreas secara keseluruhan. Ketahui lebih banyak tentang operasi kanker pankreas dalam artikel ini.

Mengenal jenis-jenis operasi kanker pankreas

Operasi biasanya jadi satu-satunya cara agar kanker pasien bisa sembuh sepenuhnya. Sayangnya, tidak semua pasien bisa melakukan prosedur ini. Hanya sekitar 15-20 persen pasien yang cocok untuk melakukan operasi pengangkatan tumor pankreas. Pasalnya, apabila tumbuh di sekitar pembuluh darah yang penting dan sudah menyebar ke bagian tubuh lain, operasi bukan lagi pilihan yang tepat.

Operasi kanker pankreas merupakan pilihan bagi pasien yang memiliki tingkat kesehatan yang baik secara menyeluruh. Hal ini karena operasi pankreas bisa memakan waktu yang lama dan rumit. Belum lagi penyembuhan pasca operasi yang lambat sehingga membutuhkan stamina yang tinggi bagi para pasiennya.

Berikut ini adalah beberapa prosedur operasi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker pankreas:

1. Operasi Whipple

Operasi Whipple adalah operasi yang paling banyak dilakukan untuk mengobati kanker pankreas di mana melibatkan pengangkatan kepala pankreas. Dalam operasi ini, dokter bedah Anda mungkin akan mengangkat bagian pertama usus kecil, kantong empedu, bagian saluran empedu, dan terkadang sebagian dari lambung. Sekitar satu dari tiga pasien yang telah melakukan operasi Whipple memerlukan obat enzim untuk membantu mencerna makanan.

Operasi ini melibatkan operasi panjang dan intesif, namun memiliki waktu pemulihan yang lebih cepat dibandingkan operasi pengangkatan pankreas total.

2. Operasi pancreatectomy total

Operasi ini dilakukan untuk mengangkat seluruh pankreas Anda. Tidak hanya itu, dokter Anda juga mungkin akan mengangkat organ limpa, saluran empedu, sebagian usus kecil, kantong empedu, kelenjar getah bening sekitar pankreas, dan terkadang sebagian dari lambung.

Setelah operasi pancreatectomy total, Anda harus mengonsumsi enzim untuk membantu mencerna makanan. Pengangkatan organ pankreas yang berfungsi memproduksi insulin (hormon yang mengatur gula darah) akan membuat pasien mengalami diabetes. Akibat pengangkatan organ limpa juga membuat pasien harus mengonsumsi antibiotik penisilin seumur hidup dan imunisasi rutin untuk mencegah terkena infeksi.

3. Operasi pancreatectomy distal

Operasi ini untuk mengangkat bagian tubuh dan ekor pankreas, namun tidak bagian kepala pankreas. Limpa Anda biasanya juga akan diangkat pada waktu bersama. Tidak hanya itu, bagian tubuh Anda seperti sebagian lambung, sebagian usus besar, ginjal sebelah kiri, kelenjar adrenal bagian kiri, dan kemungkinan diafragma bagian kiri juga akan diangkat.

Sama halnya dengan operasi Whipple, pankreatektomi distal adalah operasi yang panjang dan rumit, di mana tidak akan dilakukan jika dokter Anda menganggap prosedur ini benar-benar diperlukan.

Operasi pankreas dilakukan untuk mengurangi gejala

Jika tidak bisa disembuhkan, operasi ini dilakukan untuk meredakan gejala dan membuat pasien lebih nyaman.

Untuk membantu mengendalikan penyakit kuning, stent atau tabung terbuka dapat ditempatkan di dalam saluran empedu Anda dengan menggunakan cholangiopancreatography retrograd endoskopik (ERCP). Prosedur ini dilakukan untuk membantu mencegah penumpukan unsur bilirubin yang menyebabkan penyakit kuning.

Operasi bypass yang menghambat saluran empedu juga bisa dilakukan jika penggunaan stent tidak cocok untuk pasien. Saluran empedu yang tersumbat akan dipotong bagian atasnya dan disambungkan kembali ke usus Anda agar memungkinkan cairan empedu mengalir keluar.  

Karena pasien diharuskan menjalani serangkaian prosedur yang rumit dan intensif, proses pemulihan pascaoperasi kanker pankreas juga penting untuk diperhatikan karena memerlukan waktu yang panjang.

The post Mengenal Perbedaan 3 Jenis Operasi Kanker Pankreas appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2D8woZc


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar