Awas, Psoriasis Juga Bisa Menyebar ke Kuku Jari dan Kaki Anda!

Psoriasis adalah kelainan kulit kronis yang sering muncul kemudian hilang. Penyakit ini umumnya ditandai dengan munculnya ruam merah, kulit kering, terkelupas, bersisik, dan menebal. Selain itu, psoriasis juga terkadang disertai dengan rasa gatal yang intens. Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

Gejala psoriasis kuku

Setengah dari orang yang memiliki psoriasis kulit juga akhirnya mengalami psoriasis kuku. Sampai saat ini, para ahli dan dokter belum mengetahui kenapa hal tersebut bisa terjadi. Akan tetapi, alasan terkuatnya karena kuku merupakan bagian dari kulit.

Kuku memang bisa jadi indikator kesehatan seseorang. Namun dalam kasus yang jarang terjadi, kuku adalah satu-satunya bagian tubuh yang menunjukkan tanda-tanda psoriasis. Berikut ini beberapa perubahan pada kuku jari kaki dan kuku jari tangan yang harus Anda waspadai sebagai tanda-tanda psoriasis kuku:

1. Perubahan warna

Kuku Anda akan berubah warna menjadi kekuningan, kecokelatan, atau bahkan sedikit kehijauan. Selain itu terdapat pula bintik merah atau bintik putih kecil di sekitar kuku Anda.

2. Pitting kuku (kuku berlekuk/ berlubang)

Pelat kuku adalah permukaan keras yang membentuk bagian atas kuku Anda. Pelat ini terbuat dari sel keratin. Sayangnya, psoriasis kuku menyebabkan lempeng kuku Anda kehilangan sel. Nah, hal tersebut menyebabkan munculnya lubang-lubang kecil berbentuk di kuku jari tangan atau kuku kaki Anda.

Banyaknya dan besarnya lubang ini berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa orang mungkin hanya memiliki satu lubang pada masing-masing kuku, sementara lainnya memiliki lebih banyak lubang. Lubang ini pun bisa dangkal atau dalam.

3. Perubahan bentuk dan ketebalan kuku

Selain pitting, Anda mungkin akan melihat perubahan bentuk dan tekstur kuku Anda. Kelemahan struktur yang menopang kuku bisa menyebabkan kuku Anda jadi rapuh dan mudah hancur sehingga tidak lagi berbentuk utuh.

Selain itu, kuku Anda bisa menjadi lebih tebal karena infeksi jamur yang disebut onikomikosis, yang umum terjadi pada orang dengan psoriasis. Selain itu, psoriasis juga dapat menyebabkan kemunculan garis Beau, yaitu lekukan segaris di kuku.

4. Kuku lepas

Terkadang psoriasis bisa menyebabkan lempeng kuku Anda terlepas dari dasar kuku. Pemisahan kuku dari dasar kuku ini disebut onkolisis. Akibatnya, hal ini meninggalkan ruang kosong atau celah di bawah kuku Anda sehingga memungkinkan munculnya infeksi. Ujung kuku Anda juga mungkin akan mengembangkan patch kekuningan atau keputihan yang bisa meluas ke bagian kutikula.

5. Subungual hyperkeratosis

Gumpalan zat putih kapur dapat berkembang di bawah kuku dan menyebabkan celah. Anda mungkin terasa tidak nyaman dan terasa sakit saat ditekan. Jika ini terjadi di kuku kaki, ada kemungkinan Anda juga akan merasakan sakit atau nyeri saat memakai sepatu.

Beberapa perubahan kuku yang sudah disebutkan di atas bisa membuat Anda kesulitan untuk menggerakkan jari kuku tangan dan jari kuku kaki. Akibatnya, ini akan sedikit menghambat Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti menggenggam benda atau sekedar berjalan.

Cara mengobati psoriasis kuku

Karena psoriasis sendiri merupakan penyakit yang berhubungan dengan sistem imun, maka untuk pengobatan psoriasis kuku bisa dibilang tidak mudah. Anda sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter lebih dulu supaya bisa mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, berikut ini beberapa pilihan pengobatan yang umum dilakukan dokter untuk mengatasi psoriasis kuku:

  • Pemberian obat steroid topikal yang dioleskan di tempat kuku yang bermasalah.
  • Dokter juga biasanya memberikan suntikan kortikosteroid ke dalam kuku. Dalam banyak kasus suntikan kortikosteriod telah menghasilkan hasil positif, terutama bila digunakan bersamaan dengan perawatan topikal.
  • Pemberiaan obat minum antijamur.
  • Fototerapi di area yang terkena dampak psoriasis terhadap sinar UV.
  • Pembedahan untuk pengangkatan atau cabut kuku.
  • Jika kuku yang terinfeksi sakit, dokter mungkin meresepkan obat penghilang rasa sakit.
  • Jika psoriasis kuku menyebabkan cacat berat, seperti tidak bisa berjalan, maka dokter mungkin meresepkan obat sistemik. Obat ini mempengaruhi seluruh tubuh seseorang, bukan hanya area masalah. Contoh obat sistemik meliputi metotreksat, siklosporin, atau biologis. Namun, butuh waktu lama agar kuku membaik.

Mencegah psoriasis kuku

Perawatan kuku yang baik adalah cara terbaik untuk mencegah Anda terkena psoriasis kuku. Ikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini jika Anda ingin mencegah psoriasis kuku:

  • Rutin potong kuku, tapi pastikan tidak terlalu pendek saat memotongnya.
  • Pakai sarung tangan untuk membersihkan dan melakukan pekerjaan lain yang bersinggungan dengan tangan Anda.
  • Pakai pelembab kuku dan kutikula setiap hari, terutama setelah Anda bersentuhan dengan air.
  • Kenakan sepatu yang nyaman dan tidak kekecilan sehingga memiliki cukup ruang untuk jari kaki Anda.
  • Hindari membersihkan kuku dengan sikat kuku atau benda tajam. Hal ini dilakukan untuk mencegah kuku Anda lepas.

The post Awas, Psoriasis Juga Bisa Menyebar ke Kuku Jari dan Kaki Anda! appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2EqThJ4


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar