6 Hal yang Tanpa Disadari Bikin Gejala Alergi Anda Semakin Memburuk

Alergi adalah kondisi seumur hidup yang bersifat kambuhan ketika Anda terpapar oleh zat penyebab alergi, seperti debu, serbuk sari, bulu binatang, asap rokok, hingga makanan tertentu. Reaksi alergi yang kumat biasanya dapat mudah ditangani dengan obat antihistamin. Meski begitu, Anda mungkin tidak menyadari bahwa beberapa kebiasaan sehari-hari atau hal-hal di lingkungan sekitar yang tampaknya tidak berbahaya bisa membuat gejala alergi sulit sembuh. Apa saja?

Beragam hal yang membuat gejala alergi sulit sembuh

Berikut adalah beberapa hal yang tanpa disadari bisa membuat gejala alergi makin parah:

Stres

Stres bukan penyebab alergi, namun stres bisa membuat gejala alergi sulit sembuh akibat respon tubuh untuk melindungi diri. Saat Anda stres, otak memberikan perintah dari hipotalamus ke kelenjar adrenal untuk melepaskan hormon stres adrenalin dan kortisol, serta histamin, zat kimia yang menyebabkan gejala alergi.

Stres yang terjadi berkepanjangan akan memperlambat respon peradangan untuk melawan zat asing, sehingga Anda akan lebih rentan untuk terkena penyakit, seperti influenza, batuk pilek, atau penyakit infeksi lainnya. Stres kronis juga membuat reaksi alergi Anda lebih lama sembuhnya.

Pembersih debu

Prinsip utama untuk mengendalikan gejala alergi adalah dengan menjaga rumah dan area aktivitas Anda tetap bersih, terutama jika Anda memiliki alergi debu. Meski begitu, perhatikan cara membersihkannya.

Anda sebenarnya lebih dianjurkan untuk menggunakan kain basah saat membersihkan debu di rumah, ketimbang pakai sapu atau kemoceng. Membersihkan mebel rumah dengan kain lap kering atau kemoceng justru bisa membuat debu semakin berterbangan di udara sehingga memperburuk alergi Anda.

Pakaian

Pakaian, terutama yang terbuat dari kain kasar atau wol, bisa membuat debu dan serbuk sari lebih mudah terperangkap di serat-seratnya. Ketika Anda tidak mencuci pakaian tersebut dengan baik, pakaian tersebut bisa memperburuk alergi Anda di kemudian karena debu dan kotoran yang masih menempel.

Buah dan sayuran

Tahukah Anda bahwa beberapa buah dan sayuran, meskipun baik untuk kesehatan, bisa membuat alergi Anda memburuk? Hal tersebut karena beberapa buah dan sayuran mengandung protein yang mirip dengan yang ditemukan di serbuk sari, yang dapat membingungkan sistem kekebalan tubuh Anda dan menyebabkan reaksi alergi. Misalnya saja kentang dan bawang.

Lari pagi

Jangan takut dulu. Yang membuat gejala alergi sulit sembuh bukanlah aktivitas lari pagi yang Anda lakukan, melainkan serbuk sari tanaman dan debu jalanan yang Anda hirup saat berlari. Serbuk sari akan merekah dan berterbangan di udara paling banyak di pagi hari. Karena itu, Anda perlu segera mandi, mencuci rambut, dan mengganti pakaian, terutama jika Anda berlari di tempat yang banyak tanaman.

Asap rokok

Sebuah studi di Journal of Allergy and Clinical Immunology menemukan bahwa asap rokok yang dihirup perokok pasif dapat memperburuk gejala alerginya. Periset menemukan bahwa tingkat antibodi alergen IgE 16,6 kali lebih tinggi pada orang-orang yang terpapar asap rokok dibandingkan yang terpapar udara bersih. Dan sama seperti lilin dan parfum, asap adalah zat iritan yang bisa mengganggu saluran pernapasan Anda, sehingga membuat gejala alergi sulit sembuh.

The post 6 Hal yang Tanpa Disadari Bikin Gejala Alergi Anda Semakin Memburuk appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2DBpps6


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar