Payudara Tumbuh Saat Beranjak Remaja, Apakah Akan Terasa Sakit?

Tubuh wanita akan mengalami banyak perubahan selama masa puber. Perubahan yang terjadi pada tubuh para remaja putri ini sering kali mengundang banyak pertanyaan dalam benak mereka terutama hal-hal yang berkaitan dengan tumbuhnya payudara. Mereka sering kali bingung apa yang terjadi saat payudara tumbuh. “Apakah hal yang saya rasakan normal?”, “Seperti apa yang tidak normal?”, dan sebagainya. Berikut panduan bagi remaja putri terkait dengan proses pubertas ini.

Pertanyaan terkait pertumbuhan payudara yang dialami remaja putri

Payudara terdiri dari jaringan lemak, pembuluh darah, dan saluran susu yang biasanya mulai tumbuh pada usia 8 hingga 13 tahun. Mengapa payudara wanita tumbuh? Jawaban yang paling biologis adalah agar kelak nanti bisa memberikan ASI pada bayi. Tidak perlu bingung, berikut beberapa pertanyaan yang bisa membantu para remaja putri melewati proses pubertas.

1. Apakah payudara akan terasa sakit saat tumbuh?

Ada beberapa remaja putri yang merasakan sakit ketika payudara tumbuh, tapi jangan khawatir. Payudara sendiri mulai berkembang saat ada pelepasan hormon estrogen dan progesteron saat pubertas.

Hormon inilah yang membuat jaringan payudara tumbuh. Kulit di sekitar area payudara bisa meregang dan hal ini yang menyebabkan payudara terasa sakit saat tumbuh. Hormon yang merangsang pertumbuhan payudara seperti yang dilansir di Medical News Today juga bisa membuat payudara terasa tak nyaman saat mulai tumbuh.

Hormon ini mengubah kadar cairan di jaringan payudara yang bisa membuat payudara lebih sensitif dan terasa sakit. Saat sudah mulai menstruasi, beberapa wanita juga akan akan merasakan sakit di area payudaranya. Rasa sakit ini disebabkan oleh perubahan hormon dan merupakan hal yang normal dari siklus menstruasi.

2. Mengapa tanda merah muncul di payudara?

Seiring pertumbuhan jaringan payudara, kulit di sekitarnya akan mengalami peregangan untuk menyesuaikan ukuran payudara yang semakin besar. Terkadang kulit tidak bisa meregang dengan cukup cepat sehingga menyebabkan bekas peregangan merah muncul. Tidak perlu khawatir, ini adalah hal yang normal.

Ada banyak krim yang tersedia di apotek untuk membantu mengurangi kemunculan tanda ini. Seiring waktu, garis warna merah ini akan memudar menjadi putih dan tidak terlalu terlihat.

3. Apakah benjolan di payudara berarti kanker?

Benjolan payudara yang ditemukan saat payudara tumbuh mungkin tidak akan berbahaya. Namun, jika merasa khawatir, pergi ke dokter bisa menjadi solusinya. Ketika payudara tumbuh, biasanya akan ada benjolan di bawah puting susu. Sebenarnya ini adalah hal normal dan merupakan bagian dari proses pertumbuhan payudara. Sebagian besar benjolan ini disebut dengan fibroadenoma atau pertumbuhan jaringan ikat di payudara yang berlebihan.

Meskipun berlebihan, kemungkinan besar benjolan payudara yang ditemukan saat pertumbuhan payudara tidak berbahaya. Saat payudara sudah tumbuh sepenuhnya, wanita harus rajin memeriksa payudara sendiri secara berkala. Jika menemukan benjolan yang tidak biasa ada. Segera konsultasikan hal ini dengan dokter.

keuntungan punya payudara kecil

Tanda-tanda dan tahapan ketika payudara tumbuh dan berkembang

Ketika payudara wanita mulai tumbuh, ada beberapa tanda-tanda yang masih bisa dirasakan dan dilihat seperti tanda-tanda berikut ini:

  • Ada benjolan yang cukup terasa di bawah puting susu.
  • Area dada terasa lebih lunak terutama di sekitar bagian masing-masing puting.
  • Gatal di sekitar puting susu atau di sekitar area dada.

Sedangkan dalam proses payudara tumbuh, ada lima tahap perkembangan payudara. Tahapan ini dimulai dari kelahiran sampai seorang wanita mengalami pubertas. Apa saja tahapan perkembangan payudara yang terjadi?

  1. Puting payudara sudah mulai tumbuh dari lahir, namun seluruh area dada masih rata.
  2. Munculnya benjolan payudara yang sangat terasa di bawah masing-masing puting dan akan terus “terangkat” ke area dada yang lain. Hal ini akan mengakibatkan daerah sekitar puting yang disebut areola akan terlihat lebih besar.
  3. Payudara akan menjadi sedikit lebih besar saat jaringan payudara berkembang.
  4. Areola dan puting susu akan “naik” dan membentuk gundukan kedua di atas jaringan payudara.
  5. Payudara menjadi bulat dengan puting susu yang terlihat terangkat. Ini adalah tahap terakhir pertumbuhan payudara.

Payudara sebenarnya akan terus berubah dan berkembang selama masa kehidupan seseorang. Siklus hormonal, kehamilan, menyusui, dan menopause semuanya akan memengaruhi payudara wanita.

The post Payudara Tumbuh Saat Beranjak Remaja, Apakah Akan Terasa Sakit? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2i7nXJ3


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar