Obat Diabetes Kelupaan Diminum, Bahaya Atau Tidak?

Orang yang telah didiagnosis diabetes (diabetesi), harus menjalani pengobatan seumur hidupnya. Pasalnya, penyakit ini memang tidak dapat disembuhkan, hanya dapat Anda kendalikan. Maka dari itu, dokter menganjurkan Anda untuk menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi beberapa obat diabetes. Obat diabetes yang diberikan berguna untuk mengendalikan kadar gula darah dan obat ini harus dikonsumsi terus-terusan. Lantas, bagaimana jika diabetesi lupa minum obat diabetes?

Apa yang terjadi kalau lupa minum obat diabetes?

Biasanya, orang yang lupa minum obat disebabkan karena aktivitasnya yang sibuk atau kegiatan hariannya yang berubah, sehingga lupa mengonsumsi obat diabetes. Ya, obat diabetes memang harus Anda minum dengan teratur.

Sebagian besar jenis obat tersebut, berguna agar kadar gula darah Anda terkendali dengan cara membuat hormon insulin bekerja lebih baik, memperlambat penyerapan gula, hingga merangsang pankreas untuk menghasilkan hormon insulin lebih banyak di dalam tubuh.

Jadi, kelupaan minum obat diabetes dapat memengaruhi kadar gula darah Anda. Misalnya, Anda lupa minum obat diabetes yang harusnya diminum sebelum makan. Obat ini biasanya akan berperan dalam menghambat penyerapan gula yang terlalu banyak di dalam usus serta membantu hormon insulin agar lebih sensitif terhadap gula darah.

Obat Cefadroxil

Apa yang harus dilakukan jika lupa minum obat diabetes?

Sebenarnya, hal ini tergantung dengan jenis obat diabetes yang lupa diminum. Ada beberapa jenis obat yang dianjurkan untuk minum obat tersebut sesegera mungkin setelah Anda ingat. Namun, ada juga obat yang tidak boleh langsung diminum, apalagi jika sudah dekat dengan waktu minum obat selanjutnya.

Jika Anda terlupa dan masih berselang 3 jam dari jadwal minum obat yang seharusnya, dan memang obat itu harus diminum dua kali dalam satu hari, maka tidak masalah bila Anda langsung minum obat yang terlupa saat itu juga. Akan tetapi, bila selang waktunya sudah lebih dari 3 jam, maka sebaiknya tunggu saja jadwal minum obat selanjutnya.

Sementara itu, untuk obat yang jenisnya long-acting – yang hanya diminum satu kali dalam sehari, Anda masih bisa minum obat yang kelupaan jika memang masih dalam selang waktu 12 jam. Bila lebih dari 12 jam, maka sebaiknya minum obat pada jadwal selanjutnya.

Ketentuan ini hanya berlaku untuk kelompok obat seperti sulfonyulreas (contohnya Glucotrol dan Amaryl), thiazolidinedione (contohnya Pioglitazone) dan biguanides (contohnya metformin). Sedangkan obat diabetes yang berupa acarbose (Precose) atau repaglinide (Prandin), bila Anda lupa meminumnya, maka tunggu hingga jadwal minum obat selanjutnya.

Biasanya, setiap kemasan obat terdapat petunjuk pemakaian, termasuk ketentuan jika obat tersebut kelupaan diminum. Namun, untuk jawaban pastinya, segera hubungi dokter atau apoteker yang menangani Anda. 

Selanjutnya, supaya tidak kelupaan lagi, pasang alarm pengingat di ponsel Anda atau minta tolong orang terdekat untuk mengingatkan Anda minum obat sesuai jadwal.  

The post Obat Diabetes Kelupaan Diminum, Bahaya Atau Tidak? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2zJufWF


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar