Kenapa Wanita Harus Periksa Gigi Dulu Sebelum Mencoba Hamil

Merencanakan kehamilan tentu perlu banyak persiapan. Pasalnya, kehamilan bukanlah suatu hal yang mudah untuk dijalani. Kehamilan yang tidak direncanakan dengan baik dapat berdampak buruk bagi ibu dan bayinya. Namun begitu, persiapan yang dilakukan tidak melulu soal pemenuhan gizi dari makanan sehat. Setiap calon ibu sepatutnya segera menjadwalkan janji temu dengan dokter gigi untuk periksa gigi sebelum hamil.

Kenapa saya harus periksa gigi sebelum hamil?

Perubahan hormon selama kehamilan dapat membuat ibu lebih rentan mengalami kerusakan gigi dan infeksi gusi. Muntah-muntah karena morning sickness selama hamil juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut. Terlebih bila sebelum hamil Anda sudah memiliki masalah gusi dan gigi tertentu. Tak menutup kemungkinan hormon-hormon kehamilan malah memperburuk kondisinya.

Penyakit gusi saat hamil dilaporkan menjadi salah satu faktor dari kelahiran prematur dan/atau preeklampsia. Sebuah penelitian dari Baylor College of Medicine menemukan bahwa bakteri yang hidup di mulut calon ibu berisiko tinggi untuk masuk ke dalam aliran darah dan ikut hanyut terbawa sampai ke dalam plasenta.

Infeksi bakteri yang dialami bayi selama dalam kandungan dapat membahayakan keselamatannya. Selain berisiko lahir prematur, janin yang terinfeksi bakteri dari tubuh ibu berisiko memiliki berat badan rendah (BBLR).

 

Bila saya tidak sakit gigi, haruskah tetap periksa gigi?

Tentu saja, sebab penyakit gusi tetap bisa terjadi tanpa disadari. Penyakit gusi yang ringan pada umumnya tidak menunjukkan tanda maupun gejala yang berarti.

Penyakit gusi yang tidak terdiagnosis tetap dapat mengirimkan bakteri dari mulut ibu ke dalam plasenta saat Anda menyikat gigi. Bila Anda memiliki masalah pada gusi atau infeksi mulut lainnya, Anda tetap berisiko untuk menularkan bakteri ke calon bayi Anda.

Lantas, apa yang harus saya lakukan untuk mencegah masalah gigi?

Untuk menghindari masalah gigi, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Sikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride
  • Mengurangi makanan manis dan minuman bersoda
  • Konsumsi makanan tinggi vitamin C untuk memperkuat gusi
  • Konsumsi makanan tinggi vitamin D untuk memperkuat enamel gigi dan tulang

Yang lebih penting lagi, buat jadwal periksa gigi sebelum hamil dengan dokter gigi Anda. Lebih cepat, lebih baik. Dokter akan memeriksa dan mengobati penyakit gusi Anda, atau masalah kesehatan lainnya yang dinilai dapat memengaruhi kehamilan Anda nantinya.

The post Kenapa Wanita Harus Periksa Gigi Dulu Sebelum Mencoba Hamil appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2A6vnT7


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar