Benarkah Ada Susu ‘Penyubur Kandungan’ yang Bantu Cepat Hamil?

Bila Anda dan pasangan sedang menjalani program hamil, Anda mungkin mudah tergoda produk-produk yang menjanjikan kesuburan yang marak dipasarkan. Salah satunya adalah susu cepat hamil. Pasalnya, banyak yang bilang ada susu khusus yang bisa jadi solusi bagi pasangan yang ingin segera punya anak. Benarkah wanita perlu minum susu cepat hamil untuk meningkatkan kesuburan? Atau produk yang ditawarkan saat ini hanya sebatas iklan? Cari tahu jawabannya di bawah sini.

Apakah wanita perlu minum susu agar cepat hamil?

Sebenarnya, belum ada solusi yang instan dan mujarab yang bisa membuat wanita cepat hamil. Kehamilan bisa terjadi melalui proses yang rumit dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Karena itu, Anda keliru jika percaya bahwa minum susu cepat hamil saja bisa segera mewujudkan impian Anda dan pasangan untuk menimang momongan.

Begini, susu memang memiliki banyak unsur zat gizi di dalamnya. Sebut saja protein, lemak, karbohidrat, kalsium, vitamin D, vitamin B6, fosfor, dan folat. Zat-zat tersebut memang dibutuhkan bagi wanita usia produktif untuk mempersiapkan tubuhnya menyambut kehamilan. 

Di dalam tubuh, susu cepat hamil memang bisa membantu tubuh mempersiapkan kehamilan. Namun, dengan catatan penyebab Anda belum juga hamil adalah kekurangan berbagai zat gizi yang terkandung dalam susu cepat hamil. Dalam hal ini, susu akan bertindak sebagai suplemen bagi wanita.

Akan tetapi, membantu tubuh agar siap menghadapi kehamilan bukan berarti membuat Anda lebih cepat hamil atau lebih subur. Inilah yang perlu Anda bedakan. Susu yang dipasarkan saat ini hanya mampu menjaga kesehatan tubuh dan kandungan wanita bila pembuahan terjadi. Jadi, fungsinya bukan untuk mempercepat pembuahan.

Lalu, susu jenis apa yang harus dikonsumsi untuk mempersiapkan kesuburan?

Untuk mempersiapkan kehamilan dan meningkatkan kesuburan, Academy of Nutrition and Dietetics menganjurkan untuk memilih produk susu yang kaya akan lemak bukan produk susu yang rendah lemak. Berdasarkan penelitian dalam jurnal Human Reproduction, asupan makanan olahan susu dan susu yang rendah lemak dapat meningkatkan risiko tidak subur, sedangkan makanan olahan susu berlemak tinggi dapat menurunkannya.

Wanita yang mengonsumsi satu atau lebih porsi susu tinggi lemak dalam sehari, ternyata berpotensi 27% lebih subur daripada wanita yang tidak mengonsumsi susu tinggi lemak. Lemak dalam tubuh dibutuhkan untuk merangsang dan menjaga fungsi sistem reproduksi, khususnya ovarium.

Lemak dalam susu bisa mengurangi nafsu makan dan memperlambat pelepasan gula ke aliran darah. Sedangkan produk susu bebas lemak berpotensi mengganggu keseimbangan hormon pada wanita yang menginginkan kehamilan. Susu rendah lemak mengurangi kadar estrogen dan progesteron yang terikat pada lemak sehingga menyebabkan ketidakseimbangan hormon untuk mencapai pembuahan.

Namun, perlu diingat untuk bijak dalam memilih. Kalau sudah minum susu sebanyak satu hingga dua gelas per hari, bukan berarti bisa memilih makan tinggi lemak lainnya setiap saat. Pilihlah susu, tapi jangan meningkatkan asupan kalori harian yang akhirnya mengganggu keseimbangan lemak di dalam tubuh.

Pasalnya, kelebihan lemak juga bisa membuat seseorang tidak subur. Apalagi kalau sudah mencapai kelebihan berat badan hingga obesitas. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan serta ahli gizi Anda sebelum minum susu cepat hamil atau suplemen apa pun untuk meningkatkan peluang kehamilan. 

alergi susu saat dewasa

Kehamilan dipengaruhi oleh berbagai faktor

Seperti dijelaskan di atas, susu cepat hamil bukanlah jawaban instan untuk pasangan yang ingin segera hamil. Susu mungkin bisa membantu, tapi jangan dijadikan satu-satunya solusi.

Lalu apa yang harus dilakukan agar bisa cepat hamil selain minum susu? Sederhananya adalah jaga kesehatan dan gaya hidup pasangan suami istri. Ini karena selain asupan nutrisi, kehamilan dipengaruhi oleh kesehatan tubuh secara umum. Termasuk berat badan Anda dan pasangan, kondisi genetik, kebiasaan merokok, pola makan, riwayat penyakit yang dimiliki, dan lainnya.

Jadi kalau Anda sudah rutin minum susu agar cepat hamil, tapi hasilnya tidak kelihatan juga, segera periksakan diri dan pasangan ke dokter kandungan. Apalagi bila pasangan suami istri sudah mengusahakan kehamilan selama satu tahun dan belum membuahkan hasil juga. Dokter akan membantu Anda mendeteksi masalah dan mencari solusi terbaiknya.

The post Benarkah Ada Susu ‘Penyubur Kandungan’ yang Bantu Cepat Hamil? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2zP62hL


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar