Apakah Diet Paleo Baik untuk Penderita Diabetes?

Akhir-akhir ini kita memang dipusingkan oleh banyak jenis diet yang makin beragam. Namun, dari banyaknya cara diet yang ada pada saat ini, ada satu diet yang patut mendapatkan perhatian dari Anda terutama jika Anda mengidap diabetes, apa itu? Diet paleo.

Apa itu diet paleo?

Diet paleo atau diet “manusia gua” merupakan salah satu metode diet yang mengikuti pola makan manusia gua jaman prasejarah. Lalu, kenapa manusia gua yang dijadikan model untuk melakukan diet?

Manusia gua dijadikan rujukan diet karena mereka dianggap memiliki pola makan yang berguna untuk kesehatan. Oleh karena itu, sumber makanan dalam diet ini dibuat semirip mungkin dengan yang dikonsumsi manusia gua.

Diet paleo mampu menurunkan kadar gula darah

Menurut penelitian yang telah dipublikasikan di European Journal of Clinical Nutrition (ECJN) pada bulan Agustus 2015, penderita diabetes tipe 2 yang mengikuti diet paleo mengalami penurunan tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol dengan jumlah yang signifikan hanya dalam waktu dua minggu dibandingkan peserta penelitian lain yang mengikuti diet tradisional yang direkomendasikan oleh American Diabetes Association.

Menurut Lynda Frasetto seorang nephrologist sekaligus peneliti dalam penelitian ini, makanan diet paleo lebih sesuai untuk digunakan sebagai diet para diabetesi. Menurutnya, lebih banyak serat pada makanan diet paleo yang mengandung nutrisi mikronutrien dan antioksidan menyebabkan penurunan penyerapan gula dari usus.

Kenapa diet paleo dianggap  bagus untuk diabetesi?

Diet paleo dianggap cocok untuk mereka yang memiliki diabetes. Sebab, diet ini mengasup karbohidrat yang relatif lebih rendah. Sumber makanan yang diperbolehkan dalam diet ini memiliki indeks glikemik yang rendah. Jenis makanan ini membuat pankreas tidak perlu bekerja keras sehingga jumlah obat yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Selain itu, diet paleo dianggap cocok bagi diabetesi karena menjadikan makanan yang kaya protein tanpa lemak dan kaya serat sehingga mampu membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah kenaikan berat badan.

Selain baik bagi diabetesi, diet paleo juga dianggap baik untuk mencegah penyakit jantung dan kondisi serius lainnya. Diet ini juga baik untuk membersihkan racun di dalam tubuh, mempertajam daya ingat, dan membuat koneksi antar organ dalam tubuh menjadi lebih baik.

Tapi, hati-hati…

Meski diet ini menjanjikan karena berfokus kepada makanan alami, namun karena aturannya yang ketat mungkin tidak semua orang sanggup menjalankannya dalam waktu yang lama. Kesulitan lainnya adalah diet paleo sejatinya hanya “meraba-raba” apa yang dikonsumsi manusia gua pada jaman purba, padahal situasi dan kondisi saat itu dan sekarang tentu saja jauh berbeda.

Yang paling mengkhawatirkan dari diet paleo adalah kemungkinan seseorang yang mengikuti diet ini mengalami ketidakseimbangan gizi dan kurangnya nutrisi tertentu yang dibutuhkan tubuh sebab diet ini “mengharamkan” sebagian makanan, seperti biji-bijian dan susu.

Seperti apa makanan dan minuman di dalam diet paleo?

Meski tidak bisa meniru seratus persen apa yang dikonsumsi manusia gua, ada versi modifikasi dari makanan modern saat ini. Salah satu yang dijadikan patokan adalah makanan yang bebas gluten. Gluten sendiri bersifat seperti lem atau perekat yang merupakan gabungan protein yang bisa ditemukan di dalam gandum.

Kelompok makanan yang memenuhi syarat di atas, antara lain:

  • Sayur-sayuran.
  • Buah-buahan.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian yang bebas dari pestisida dan fungisida.
  • Daging rendah lemak, terutama yang diberi pakan rumput atau mencari makanan sendiri.
  • Ikan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon, makarel, dan tuna.
  • Minyak yang berasal dari biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti minyak zaitun dan minyak walnut.

Di dalam diet paleo, beberapa makanan di bawah ini dianjurkan untuk dihindari.

  • Aneka produk susu.
  • Kacang lentil, kacang polong, dan kacang tanah.
  • Biji-bijian dan kentang.
  • Gula.
  • Semua makanan olahan pada umumnya.

Mereka yang melakukan diet paleo dianjurkan tidak mengonsumsi alkohol dan kopi. Jika ingin memberi rasa manis pada makanan, bisa menggunakan madu asli atau gula kelapa. Meski diperbolehkan, konsumsi madu dan gula kelapa sebaiknya dibatasi. Yang pasti, jika Anda melakukan diet ini harus tetap melakukan aktivitas fisik secara teratur.

The post Apakah Diet Paleo Baik untuk Penderita Diabetes? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2niICf1


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar