Anak Sulit Bersosialisasi? Dorong Kemampuannya Dengan 4 Cara Ini

Kemampuan bersosialisasi sangat penting dalam masa tumbuh kembang anak. Dengan bersosialisasi, anak lebih mudah untuk mengembangkan karakternya. Namun, beberapa anak memang punya masalah yaitu sulit bersosialisasi. Penyebabnya macam-macam. Misalnya anak pendiam, pemalu, mudah marah, atau anak punya hobi mengatur teman-temannya yang lain. Lalu bagaimana cara mengajarkan anak bersosialisasi? Intip rahasianya di bawah ini, yuk. 

Pentingnya anak bersosialisasi

Bersosialisasi sejak dini akan membantu membentuk kepribadian anak. Hal ini akan berdampak pada kehidupan sosial anak selanjutnya. Anak lahir tanpa mengenal budaya apa pun. Orang dewasa di sekitarnyalah yang membantu membentuk kepribadian anak. Proses pengenalan dan pembelajaran budaya ini yang dinamakan sosialisasi. Sosialisasi juga merupakan salah satu tahap perkembangan anak. Dari sosialisasi, anak akan belajar bagaimana menggunakan bahasa yang baik, tingkah laku yang baik, dan berbagai hal lainnya.

Belajar sosialisasi sejak dini akan membangun keyakinan untuk melakukan sesuatu dan bersikap selektif. Saat anak bersosialisasi, ia akan belajar mengenai perbedaan yang ada di sekitarnya.

Usia dini adalah masa yang paling penting untuk melakukan sosialisasi. Pada usia dini, anak baru mulai belajar sesuatu dan memiliki keingintahuan yang cukup besar. Sebagai orang tua, membimbing anak untuk bersosialisasi sejak dini sangat penting. Jangan biarkan anak Anda menjadi pribadi yang tertutup dan tidak mau bergaul. Kenalkan beragam lingkungan pada anak Anda.

Tips mengajarkan anak untuk bersosialisasi

1. Ajak anak Anda untuk membantu di rumah

Biarkan anak Anda membantu Anda misalnya dalam membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Ajak anak Anda untuk membersihkan kamarnya atau sekedar mengelap meja setelah makan. Anak-anak diajarkan kepedulian dan rasa tanggung jawab cenderung memiliki keterampilan sosial yang baik.

2. Jadi contoh yang baik buat anak Anda

Anak akan selalu mencontoh perilaku orangtuanya. Oleh karena itu, setiap orangtua harus bersikap sopan, hormat, dan peduli satu sama lain jika ingin anak-anak Anda bersikap seperti itu juga. Dengan melihat bagaimana sikap dan perilaku orangtuanya kepada orang lain, akan membuat anak lebih mudah untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.

3. Tunjukkan kasih sayang pada anak Anda

Buatlah suasana atau hubungan antara orangtua dengan anak yang terbuka. Ajaklah anak Anda berkomunikasi tentang berbagai aktivitasnya sehari-hari. Luangkan sejenak waktu Anda untuk menjalin komunikasi dengan anak. Biarkan anak Anda mengeluarkan keluhannya.

Hal seperti ini akan membuat anak Anda berani untuk bertanya atau pun minta pendapat. Ini akan melatih anak Anda untuk berani berkomunikasi. 

4. Dorong anak Anda untuk beraktivitas dalam kelompok

Berikan anak Anda kesempatan untuk bergabung dalam salah satu tim olahraga, kegiatan Pramuka, atau kegiatan-kegiatan lain yang dapat mendorong bakat mereka dalam komunitas. Anak akan sangat senang apabila mereka dapat menunjukkan bakat serta minatnya.

Salah satu penyebab kurang percaya dirinya seorang anak adalah karena anak tidak memiliki ruang untuk berekspresi. Hal ini juga tidak hanya akan membantu anak untuk mengasah bakatnya, tetapi juga dapat memberikan kesempatan pada anak untuk bergaul dengan teman-temannya serta orang di sekitarnya.

The post Anak Sulit Bersosialisasi? Dorong Kemampuannya Dengan 4 Cara Ini appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2Ab5NNc


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar