Muncul Benjolan di Vagina, Apa Ini Tanda Kanker?

Saat sedang mandi atau mencukur bulu, Anda mungkin menyadari adanya benjolan di vagina. Selama ini Anda selalu diajarkan untuk waspada bahwa benjolan apapun yang timbul di area genital bisa berbahaya. Mungkinkah benjolan vagina ini tanda kanker? Pasalnya, kebanyakan gejala kanker didahului dengan kemunculan benjolan.

Apakah benjolan di vagina selalu tanda kanker?

Benjolan di vagina bisa saja menjadi tanda kanker vulva. Kanker vulva adalah kanker yang menyerang bagian luar vagina (vulva). Area ini termasuk bagian depan vagina, bibir vagina (labia), klitoris, dan kulit serta jaringan yang menutupi tulang kemaluan. Salah satu tandanya adalah kutil mirip benjolan yang tumbuh pada vulva atau di labia. Benjolan ini pada dasarnya adalah tumor.

Benjolan di vagina dapat dikatakan sebagai tumor kanker jika terus berkembang dengan cepat dan disertai rasa nyeri saat berhubungan intim dan buang air kecil. Benjolan tanda kanker seharusnya juga diikuti oleh sejumlah tanda berikut: perdarahan setelah hubungan seks, perubahan warna kulit, rasa gatal dan terbakar pada kulit vagina yang bertahan lama, keluarnya cairan keputihan yang tak normal, serta nyeri pada panggul.

Gejala lain yang umum terjadi jika kanker vulva sudah pada stadium lanjut meliputi sembelit, urin bercampur darah, blak-balik buang air kecil, dan perdarahan vagina setelah menopause (bagi wanita usia lanjut). 

Tak semua benjolan di vagina tanda kanker

Kecil kemungkinannya benjolan yang Anda temukan di vagina adalah tumor kanker. Kanker vulva termasuk kanker langka, hanya menduduki 3-4% dari total kasus kanker alat reproduksi wanita. Jenis kanker ini adalah kanker kulit lambat, butuh waktu tahunan untuk berkembang.

Namun, sebenarnya ada berbagai hal lain yang dapat menyebabkan munculnya benjolan di vagina selain kanker. Misalnya, kutil kelamin akibat penyakit menular seksual seperti herpes genital, sipilis, atau HPV; peradangan kulit umum seperti eksim dan vulvovaginitis; hingga kista vagina jinak (non-kanker).

Untuk lebih amannya, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter mengenai benjolan di vagina Anda atau jika Anda memiliki tanda dan gejala kanker vulva seperti yang disebutkan di atas. Semakin cepat kanker dideteksi, semakin tinggi peluang kesuksesan pengobatan dan kesembuhannya.

The post Muncul Benjolan di Vagina, Apa Ini Tanda Kanker? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2ic3sXm


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar