Kenapa Kalsium Sangat Penting untuk Ibu Hamil dan Janin?

Saat hamil, jumlah kebutuhan nutrisi semakin bertambah. Ya, karena memang ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi untuk janinnya guna mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu nutrisi yang penting dipenuhi kebutuhannya saat hamil adalah kalsium. Mengapa kalsium sangat penting untuk dipenuhi saat hamil?

Mengapa kalsium sangat penting saat hamil?

Seperti yang Anda ketahui selama ini, kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk membangun tulang yang kuat. Selama hamil, kebutuhan kalsium ibu bertambah karena kalsium diperlukan untuk membangun tulang dan gigi janin dalam kandungan. Gigi sebenarnya sudah terbentuk saat janin masih dalam kandungan. Namun, gigi baru muncul dari dalam gusi ketika bayi sudah berusia sekitar 5 bulan.

Tak hanya untuk pertumbuhan tulang dan gigi, kalsium juga diperlukan untuk pertumbuhan hati, saraf, dan otot janin yang sehat. Juga, untuk mendukung perkembangan detak jantung janin yang normal dan mendukung kemampuan tubuh janin dalam membekukan darah, seperti dilansir dari Baby Center.

Bagi ibu hamil, kalsium juga dapat membantu mengurangi risiko hipertensi saat hamil dan preeklampsia. Di mana, hipertensi dan preeklampsia dapat berdampak buruk bagi ibu hamil dan perkembangan janin.

Kalsium tidak dapat dihasilkan oleh tubuh sehingga kebutuhan kalsium harus dipenuhi dari luar, yaitu dari makanan dan suplemen (jika dibutuhkan). Saat ibu hamil kurang bisa memenuhi kebutuhan kalsium untuk janin , janin akan mengambil kalsium dari tulang ibu. Sehingga, kurangnya asupan kalsium dapat mengganggu kesehatan tulang ibu sendiri. Itu mengapa, kebutuhan kalsium sangat penting dipenuhi ibu hamil.

Berapa kalsium yang dibutuhkan ibu hamil setiap hari?

Kebutuhan kalsium untuk ibu hamil bertambah sebanyak 200 mg dari kebutuhan biasanya. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013, kebutuhan ibu hamil berbeda-beda tergantung dari usia ibu hamil.

  • Ibu hamil yang berusia 18 tahun ke bawah membutuhkan kalsium sebanyak 1400 mg per hari
  • Ibu hamil yang berusia 19-29 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 1300 mg per hari
  • Ibu hamil yang berusia 30-49 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 1200 mg per hari

Kebutuhan kalsium wanita hamil yang masih muda lebih banyak dibandingkan ibu hamil yang lebih tua. Hal ini karena wanita hamil yang masih muda juga harus memenuhi kebutuhan kalsium untuk pertumbuhan tulangnya sendiri yang masih berjalan, selain memenuhi kebutuhan kalsium untuk janinnya.

Bagaimana cara memenuhi kebutuhan kalsium tersebut?

Kebutuhan kalsium untuk ibu hamil bisa dipenuhi dengan mengonsumsi berbagai makanan sumber kalsium. Salah satu sumber kalsium yang terkenal adalah susu. Susu dan produknya, seperti keju dan yogurt, merupakan sumber kalsium yang paling tinggi. Dalam segelas susu, terkandung kalsium hampir 300 mg. Sehingga, jika sehari Anda minum susu 3 kali, kebutuhan kalsium yang baru Anda penuhi adalah sebesar 900 mg (3×300 mg).

Untuk memenuhi sisa kebutuhannya, Anda masih perlu mengonsumsi makanan sumber kalsium lainnya.

Beberapa makanan lain yang mengandung kalsium adalah:

  • Sarden dengan tulangnya
  • Salmon dengan tulangnya
  • Ikan teri
  • Brokoli
  • Kale
  • Bokcoy
  • Roti putih
  • Es krim

Memang sulit untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang tinggi jika Anda jarang mengonsumsi makanan atau minuman sumber kalsium, terutama susu, yogurt, dan keju. Makanan sumber kalsium mungkin tidak Anda konsumsi setiap hari. Ada pun dari Anda yang mungkin tidak suka atau tidak bisa minum susu ketika hamil.

Lalu, untuk tetap memenuhi kebutuhan kalsium saat hamil, ibu hamil bisa mengonsumsi suplemen kalsium CDR bila perlu. Satu tablet CDR per hari dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium Anda yang tinggi saat hamil, sehingga kesehatan tulang Anda dan janin tetap terjaga. Namun, tetap konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda menggunakan suplemen apapun selama hamil.

The post Kenapa Kalsium Sangat Penting untuk Ibu Hamil dan Janin? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2gT1QFl


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar