Benarkah Sunat Bisa Mencegah Pria Terkena HIV?

Sunat biasanya tidak diwajibkan secara medis, namun dapat dilakukan untuk berbagai alasan — dari tradisi budaya, keyakinan agama, hingga untuk menjaga kebersihan diri. Menariknya, beberapa negara di Afrika juga menggalakkan sunat dewasa sebagai program pencegahan HIV. Apa fakta di balik manfaat sunat ini? Benarkah sunat bisa mencegah penularan HIV pada pria dewasa?

Manfaat sunat untuk melindungi pria dari penularan HIV

Sunat dapat digambarkan sebagai operasi pengangkatan kulit kulup penis, alis preputium.

Ada tiga bukti medis terpisah yang mengatakan bahwa sunat dapat mengurangi risiko pria terkena HIV hingga 60 persen. Hal yang sama juga dikumandangkan oleh Lembaga Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, CDC. CDC menemukan bahwa secara medis, selain untuk mencegah penularan HIV, manfaat sunat juga sekaligus membantu mengurangi risiko penyakit kelamin menular lainnya yang dapat ditularkan lewat hubungan seks vaginal tanpa kondom.

Prosedur ini juga dilaporkan dapat mengurangi risiko pria tertular herpes genital dan infeksi HPV, yang  diyakini menjadi faktor risiko kuat dari kanker penis. Sunat semasa kecil itu sendiri diketahui dapat memberikan perlindungan dari kanker penis, yang hanya terjadi di kulit kulup.

Namun demikian, sunat belum terbukti mampu mengurangi risiko infeksi HIV yang didapat melalui seks oral atau anal, atau untuk mengurangi risiko penularan HIV pada partner wanita.

Bagaimana HIV menular lewat penis?

Memiliki kulup adalah faktor risiko nomor satu untuk infeksi HIV pada pria heteroseksual. Pria yang tidak disunat berisiko terinfeksi HIV 2-8 kali lipat lebih tinggi daripada dengan laki-laki yang disunat.

Virus HIV itu sendiri dapat menyebar lewat penetrasi seks tanpa kondom. Ketika penetrasi terjadi tanpa kondom (penis masuk vagina atau penis masuk anus), maka akan ada gesekan langsung antara kulit penis dan dinding vagina (atau anus). Gesekan ini rentan menyebabkan luka lecet. Luka ini dapat menjadi jalur masuk bagi virus dan bakteri penyebab penyakit yang berasal dari air mani atau cairan vagina partner seks Anda yang terinfeksi oleh penyakit itu.

Tak hanya itu. Ketika seorang pria tidak disunat, uap air dapat terjebak antara penis dan kulit kulupnya sehingga menciptakan lingkungan yang ideal bagi patogen penyebab penyakit untuk berkembang biak. Terlebih, beberapa masalah lain yang terkait dengan kulit kulup penis yang tidak disunat, seperti sulit ditarik kembali atau bahkan macet/keset, juga dapat menimbulkan luka sekaligus menjebak virus dan bakteri di sekitarnya.

Pria yang tidak disunat juga lebih mungkin untuk menularkan setiap infeksi yang mereka miliki, termasuk infeksi ragi, infeksi saluran kencing (ISK), dan penyakit kelamin (terutama HPV dan HIV), misalnya herpes genital, bisul genital, chancroid, dan sifilis pada pasangan seksnya.

Penis yang tidak disunat bahkan juga menempatkan pasangan wanita Anda pada peningkatan risiko penyakit kelamin hingga lima kali lebih tinggi, termasuk herpes genital, trichomonas vaginalis, bacterial vaginosis, HPV menular seksual (yang menyebabkan kanker serviks), dan mungkin klamidia, daripada wanita yang berhubungan seks dengan pria yang sudah disunat.

Disunat atau tidak, tetap pakai kondom

Disunat atau tidak adalah pilihan pribadi masing-masing pria. Kedua tipe penis ini bisa bekerja sama baik, dan merasakan sensasi sama baiknya.

Masalah seputar penis, seperti impotensiejakulasi prematur, hingga penularan penyakit kelamin sekalipun sama-sama dapat terjadi baik pada pria yang disunat maupun tidak — tergantung dari faktor risiko yang Anda miliki. Oleh karena itu, penting untuk dipahami bahwa sunat bukanlah metode perlindungan jaminan yang membebaskan Anda dari infeksi dan penyakit kelamin menular, atau sebagai pengganti kondom. Memakai kondom masih merupakan cara terbaik dan efektif untuk melindungi diri dari penyakit kelamin jika Anda aktif berhubungan seksual.

The post Benarkah Sunat Bisa Mencegah Pria Terkena HIV? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2hjk9Re


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar