Apa yang Harus Orangtua Lakukan Kalau Anak Tidak Mau Minum Susu?

Susu merupakan sumber kalsium dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk tumbuh kembang anak. Tapi tak sedikit anak yang ogah minum susu, terutama anak-anak yang berusia lebih dari 6 tahun. Sebagai orangtua, Anda mungkin khawatir si kecil tidak akan mendapatkan cukup gizi karena tidak minum susu. Lantas, apa yang harus dilakukan ketika si kecil tidak mau minum susu?

Apakah kesehatannya terpengaruh kalau anak tidak mau minum susu?

Banyak orangtua yang mengharuskan anaknya untuk rutin minum susu, demi mempercepat serta memaksimalkan pertumbuhan anak hingga ia dewasa kelak. Susu memang diperkaya oleh ragam nutrisi yang baik untuk tumbuh kembangnya, tapi susu bukanlah minuman yang wajib selalu ada di dalam menu harian si kecil.

Tidak minum susu tidak akan membuat si kecil menderita kekurangan gizi atau masalah gizi tertentu. Faktanya, tak ada satu pun makanan atau minuman yang dipersenjatai dengan semua nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh. Termasuk susu. Meski tinggi akan kalsium, susu tidak memiliki cukup karbohidrat, zat besi, dan vitamin C yang juga penting untuk kesehatan anak. Anda hanya bisa mendapatkan gizi seimbang jika mengonsumsi berbagai makanan.

Oleh karena itu, Anda bisa menyiasati anak yang tidak suka minum susu dengan menyediakan bahan makanan lain yang punya zat gizi yang mirip dengan susu. Susu mengandung berbagai mineral dan vitamin seperti kalsium, zat besi, zink, vitamin D, dan vitamin K.

Makanan apa saja yang bisa dikonsumsi anak jika ia tidak mau minum susu?

Sekali lagi, ini bukan berarti susu tidak baik untuk dikonsumsi. Tapi susu bukan satu-satunya makanan yang punya nutrisi yang paling baik dan sempurna untuk anak. 

Itu sebabnya jika anak tidak mau minum susu, sebaiknya tidak usah dipaksa. Anda bisa mencukupi gizinya dari berbagai sumber makanan sehat, seperti:

  • Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, serta brokoli
  • Sumber protein hewani, seperti telur, ikan sarden, dan ikan teri
  • Berbagai jenis kacang-kacangan, contohnya kacang kedelai, kacang almond, atau edamame

asupan kalsium

Sementara, makanan yang mengandung vitamin D atau vitamin K yang biasanya juga diandalkan untuk menguatkan tulang yaitu:

  • Beberapa jenis ikan, seperti ikan tuna, ikan salmon, dan ikan sarden
  • Hati sapi
  • Kuning telur

Dalam daging sapi, hati sapi, sayuran berdaun hijau tua, dan berbagai jenis kacang-kacangan, juga terdapat zat besi dan zink di dalamnya, sehingga Anda tak perlu cemas si kecil akan kekurangan nutrisi. Variasikan menu makanannya, agar ia mendapatkan berbagai nutrisi yang ia butuhkan.

Cara lain untuk mengakali si kecil agar suka minum susu

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar si kecil tetap mendapatkan kalsium dan nutrisi lainnya dari susu, yaitu dengan menggantinya dengan produk susu olahan lain atau membuat modifikasi resep yang dicampurkan dengan susu.

Ya, di sini memang ibu dituntut lebih kreatif untuk membuat makanan yang menarik dengan rasa yang lezat namun tetap bernutrisi tinggi. Jadi bila Anda ingin tetap membuat si kecil minum susu, Anda bisa mengakalinya dengan memodifikasi resep dengan campuran susu, atau menggunakan produk susu olahan lainnya seperti, keju atau yogurt.

The post Apa yang Harus Orangtua Lakukan Kalau Anak Tidak Mau Minum Susu? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2xy9Gaq


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar