Sebaiknya Mulai Usia Berapa Anak Sudah Boleh Pacaran? Ini Kata Para Ahli!

Sebagai orangtua, Anda mungkin akan mulai khawatir ketika mengetahui bahwa putra dan putri Anda sudah mulai berpacaran. Orangtua biasanya memandang dampak buruk yang muncul saat anaknya mulai pacaran. Namun, bukankah anak-anak dan remaja memang belum siap pacaran? Atau jangan-jangan mereka sebenarnya sudah bisa memahami apa itu pacaran? Simak penjelasan lengkap soal usia ideal mulai pacaran di bawah ini. 

Kapan anak sudah boleh pacaran?

Pada masa pubertas, yaitu usia 11 sampai 20 tahun, rasa suka atau tertarik dengan lawan jenis sudah mulai muncul. Hal ini terjadi karena hormon seksual atau reproduksi meningkat. Sehingga tak heran jika seorang anak atau remaja sudah menyukai orang lain. 

Namun, usia anak sebenarnya tidak bisa menjadi tolak ukur yang tepat untuk menentukan kapan boleh mulai pacaran. Masalahnya, kadang usia tidak benar-benar menggambarkan kedewasaan anak. Remaja berusia 15 tahun bisa saja jauh lebih dewasa daripada kakaknya yang berusia 18 tahun, misalnya.

Sedangkan untuk mulai pacaran, perkembangan psikologis, kematangan mental, dan kedewasaan justru yang jadi kunci untuk membangun hubungan romantis dengan orang lain secara sehat dan bertanggung jawab. 

Lalu bagaimana cara menilai kedewasaan dan kematangan mental anak Anda? Anda bisa melihatnya dari perilaku dan kebiasaan anak sehari-hari. Misalnya apakah anak bisa diberi kepercayaan untuk melaksanakan tanggung jawabnya? Tanggung jawab tersebut bisa sesederhana membereskan kamarnya sendiri dan membantu adiknya belajar. Bisa juga soal hal-hal besar seperti kelancaran studi di sekolah serta presensi yang baik (tidak pernah membolos).

Anda juga bisa menilai kesiapan anak untuk pacaran dengan melihat cara anak berkomunikasi, apakah sudah efektif atau belum. Misalnya kalau anak sering berbohong. Ini berarti anak belum betul-betul memahami bagaimana caranya berkomunikasi secara jujur dan terbuka. Padahal, untuk menjalin hubungan dengan orang lain, anak harus tahu cara berkomunikasi yang baik.

Menurut para ahli, ini usia yang tepat untuk membiarkan anak pacaran

Meskipun usia sebenarnya tidak bisa dijadikan tolak ukur mulai pacaran, para ahli punya saran kapan kira-kira anak boleh pacaran. Menurut dokter anak dari Denver Health Medical Center di Amerika Serikat (AS), dr. Ron Eagar, biasanya perkembangan psikologis dan kedewasaan seseorang sudah cukup baik pada usia 16 tahun. Karena itu, dr. Ron menyarankan untuk mulai berpacaran pada usia 16 ke atas.

Pesan yang serupa juga disampaikan oleh seorang psikolog klinis asal AS Leslie Beth Wish. Leslie percaya bahwa anak berusia 15 sampai 16 tahun biasanya sudah mulai dekat dengan lawan jenis dan hal ini lumrah saja. Akan tetapi, anak mungkin baru benar-benar siap untuk menjalin hubungan romantis setelah menginjak usia 16 tahun.

Namun, ini semua kembali lagi pada kebijakan dan penilaian Anda sendiri sebagai orangtua.

Apa yang harus dilakukan orangtua jika mengetahui anaknya mulai pacaran?

Anak yang mulai pacaran jangan dilarang, tetapi justru didampingi dan diberi arahan yang benar. Ajak anak Anda bicara dari hati ke hati untuk mengetahui konsep pacaran yang sehat. Arahan dari orangtua penting agar pacaran tidak mengganggu prestasi belajar anak. Orangtua bisa memberi pengertian bahwa pacaran yang baik adalah bisa saling memberi motivasi. Orangtua juga bisa memberi tahu anak bagaimana berlaku hormat, sopan, dan santun terhadap lawan jenisnya.

Masalahnya, anak yang dilarang pacaran biasanya tetap akan berpacaran juga tanpa sepengetahuan Anda. Dengan begitu, Anda malah jadi semakin sulit memantau dan membimbing perilaku anak.

Anda cukup memberi pengertian pada anak apa saja konsekuensi dari pacaran. Misalnya pacaran berarti anak harus bisa membagi waktu untuk bermain bersama teman, belajar, berkumpul bersama keluarga, dan waktu untuk teman dekatnya tersebut. Dari situ, biarkan anak mengambil keputusan apakah saat ini pacaran adalah pilihan yang tepat atau tidak.

The post Sebaiknya Mulai Usia Berapa Anak Sudah Boleh Pacaran? Ini Kata Para Ahli! appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2x1TnXs


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar