Panduan Menjalani Best Life Diet (BLD), Diet untuk Memperbaiki Emotional Eating

Best Life Diet diprakarsai oleh Oprah Winfrey, pembawa acara kenamaan asal Amerika Serikat. Diet ini dikenal sebagai diet yang mampu mengatasi masalah emotional eating, sekaligus menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih bugar. Bagaimana cara menjalaninya, dan apakah benar efektif?

Makan banyak karena dipengaruhi emosi itu berbahaya

Emosi bisa mempengaruhi kapan kita makan, apa yang dimakan, dan berapa banyak makanan yang dimakan. Seringnya, situasi yang memicu emosi negatiflah yang justru membuat Anda makan banyak meski Anda tidak lapar.

Sebagai contoh, Anda mungkin pernah melihat orang terdekat Anda makan makan untuk mengatasi stres. Lainnya makan untuk menyibukkan diri mereka saat merasa bosan atau demi mengalihkan pikirannya saat sedang berkabung patah hati. Atau, Anda sendiri pun ternyata begitu?

Pada saat stres, tubuh mengalami peningkatan hormon kortisol sebagai respon dari stres. Di saat yang bersamaan, Anda juga mengalami peningkatan nafsu makan sebagai upaya tubuh dalam menyediakan energi yang dibutuhkan untuk menghadapi stres. Pada akhirnya, Anda akan mencari makanan untuk melupakan masalah itu.

Ketika Anda makan semata-mata karena emosi, kebiasaan ini bisa menggagalkan upaya penurunan berat badan Anda. Makanan yang dikonsumsi saat emotional eating biasanya adalah yang mengandung banyak kalori dan tinggi karbohidrat. Misalnya, es krim, biskuit, cokelat, keripik, kentang goreng, pizza, hamburger, dan lainnya. Belum lagi, jika Anda sering menjadikan makanan sebagai pelarian untuk melepaskan stres, Anda mungkin bisa makan porsi banyak lebih dari tiga kali dalam sehari.

Hal inilah yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan, bahkan kegemukan jika berlangsung terus-menerus. Best Life Diet, yang diprakarsai oleh Oprah Winfrey, dipercaya mampu membantu Anda keluar dari lubang hitam ini demi mendapatkan berat badan yang ideal.

Apa itu Best Life Diet?

Best life diet (BLD) adalah pola diet yang mengutamakan perubahan gaya hidup dimulai dari yang kecil demi meraih tujuan yang besar. Awalnya, Anda bisa memulai dengan mencari tahu mengapa Anda makan terlalu banyak. Hubungkan juga apakah kebiasaan makan banyak Anda benar didahului oleh suatu pemicu stres tertentu, misalnya saja stres di kantor.

Jika Anda baru saja makan dan merasa ingin makan lagi, tahan diri dulu sejenak untuk berpikir: Apakah Anda ingin makan karena Anda benar lapar, atau untuk mengalihkan pikiran dari stres? Jika Anda hanya makan karena sedang stres, itu tandanya anda sedang mengalami emotional eating.

Pada dasarnya, diet BLD akan mengajak Anda melakukan perubahan pola makan yang ringan seperti tidak makan dua jam sebelum tidur, dan mengharuskan Anda untuk sarapan setiap pagi. Sarapan adalah kunci untuk mengendalikan rasa lapar sepanjang hari.

Akhirnya Anda akan dituntun untuk mengikuti dan membiasakan gaya hidup sehat yang aktif.

Panduan menjalani Best Life Diet

Best Life Diet dijalankan dengan tiga fase.

Fase pertama Anda diwajibkan untuk sarapan tiap hari yang mengandung campuran protein, buah, dan biji-bijian. Misalnya saja greek yogurt bowl dengan topping chia seed, kacang-kacangan, dan buah favorit. Anda juga harus tetap makan 3 kali sehari. Lalu hindari kebiasaan minum alkohol, minum enam gelas air putih per hari, dan berhenti makan 2 jam sebelum tidur. Umumnya fase ini dilakukan selama 4 minggu. Anda diperbolehkan makan 1-2 kali camilan sehat tinggi serat sebanyak 100 hingga 200 kalori.

Fase kedua, Anda wajib menghilangkan kebiasaan makan makanan tidak sehat. Contohnya seperti, makan makanan olahan, makanan berlemak, dan makanan tinggi gula dan garam. Perhatikan dan bandingkan juga antara tingkat lapar dengan seberapa banyak aktivitas yang Anda jalani sehari-hari.

Fase ketiga, fokuskan diri untuk menambahkan nutrisi dengan mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Jumlah kalori bervariasi tergantung pada tingkat berat dan aktivitas Anda saat ini.

 

Apa benar bisa membuat berat badan berkurang? Dan apakah sehat?

Jangan berharap penurunan berat badan besar-besaran dengan diet BLD. Pada awalnya Anda mungkin hanya akan merontokkan kurang lebih satu kilogram per minggu. Keuntungannya adalah, pola diet ini dirancang untuk dilakukan berkelanjutan dalam jangka panjang, yang berarti tidak ada batasan akan keberhasilan penurunan berat badan Anda.

Best Life Diet adalah rencana pola makan yang seimbang untuk membantu mengendalikan kalori, memaksimalkan nutrisi, dan meningkatkan kebugaran tubuh sehingga Anda menurunkan berat badan dengan mantap dan mempertahankannya dengan gaya hidup yang lebih sehat.

The post Panduan Menjalani Best Life Diet (BLD), Diet untuk Memperbaiki Emotional Eating appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2x6rAjx


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar