Mengapa Saat Hamil Mata Terasa Kering? 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Kehamilan memang menyebabkan sebagian besar tubuh wanita mengalami perubahan, tidak terkecuali mata Anda. Menjelang akhir trimester pertama, Anda biasanya akan mengeluhkan mata yang terasa lebih kering. Biasanya keluhan ini akan terus ada sepanjang masa kehamilan Anda. Bahkan hingga beberapa bulan setelah kelahiran si kecil. Lantas, apa saja penyebab mata kering saat hamil?

Apakah mata kering saat hamil berbahaya?

Kondisi mata kering saat hamil sering disebut dengan sindrom mata kering. Mata kering saat hamil biasanya disebabkan oleh perubahan jumlah atau jenis air mata yang Anda hasilkan, sehingga air mata Anda tidak cukup lembab. Berikut adalah gejala-gejala yang mungkin Anda rasakan. 

  • Mata merah.
  • Mata Anda terasa seperti berpasir dan semakin parah setiap hari.
  • Kelopak mata lengket saat bangun di pagi hari.
  • Mata menjadi mudah berair saat ada angin yang lumayan kencang.

Awalnya Anda mungkin merasakan mata Anda kering pada siang hari saja. Namun, lama-lama Anda akan menyadari bahwa mata kering saat hamil ini terjadi sepanjang hari dan mulai mengganggu. Jika Anda pengguna lensa kontak, mungkin Anda akan merasa sangat tidak nyaman saat menggunakannya. Karenanya, ketika Anda mulai mengalami gejala seperti berikut ini, Anda harus segera berkonsultasi ke dokter.

  • Mata merah Anda menjadi parah.
  • Mata mulai terasa sakit.
  • Mata Anda lebih sensitif terhadap cahaya silau. 
  • Penglihatan Anda mulai berkurang.

Gejala ini mungkin disebabkan oleh kerusakan pada lapisan transparan yang menutupi bagian depan mata Anda, atau yang disebut kornea. Jika tidak segera diobati, penglihatan Anda bisa rusak secara permanen.

Jika mata kering Anda mulai menganggu, segera datang ke dokter mata untuk memastikan bahwa mata Anda sehat. Jangan menganggap hal ini adalah hal yang remeh.

sakit kelenjar air mata

Lantas, apa saja penyebab mata kering saat hamil?

Ada beberapa alasan mengapa mata jadi kering saat Anda mengandung. Ada alasan yang tidak berbahaya, tapi ada juga harus Anda waspadai. Lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini.

1. Perubahan hormon

Perubahan hormon, terutama penurunan hormon androgen, adalah salah satu penyebab mata kering saat hamil. Perubahan ini terus terjadi, bahkan setelah melahirkan dan menyusui. Karena itu, wanita akan tetap mengalami gejala mata kering pada masa ini.

Selain mata kering, banyak wanita tercatat mengalami mata perih atau ada yang terasa mengganjal di dalamnya. Mata kering saat hamil ini juga menyebabkan mata wanita hamil lebih sensitif terhadap cahaya yang menyilaukan dan kadang matanya akan terasa gatal.

Wanita hamil yang merasakan matanya kering sebaiknya menggunakan tetes mata yang bisa melembabkan mata untuk mengatasi mata kering saat hamil. Produk ini merupakan air mata buatan, berbeda dengan jenis tetes mata yang ditujukan untuk mengobati iritasi mata. 

2. Penurunan produksi air mata

Menurut situs Natural Eye Care, perubahan hormonal yang disebabkan oleh kehamilan biasanya menyebabkan penurunan produksi air mata oleh kelenjar air mata. Volume air mata yang menurun ini menyebabkan mata wanita hamil jadi lebih kering.

3. Perubahan kelenjar minyak

Kelenjar minyak pada wanita biasanya akan mengalami perubahan selama kehamilan. Perubahan kelenjar ini menyebabkan banyak wanita hamil lebih rentan terhadap jerawat. Perubahan ini juga bisa menghambat produksi lipid dan kelenjar minyak yang biasanya berguna untuk melembapkan mata.

Akibatnya, penurunan produksi lipid dan kelenjar minyak mengubah produksi air mata yang dibutuhkan oleh mata. Saat mata Anda berkedip dan Anda menggosok mata, hal ini justru membuat mata Anda menjadi lebih kering.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengompres mata Anda menggunakan air hangat untuk membantu memicu produksi lipid dan kelenjar minyak.

4. Penyebab lainnya

Kehamilan dapat memengaruhi fungsi lapisan air mata sehingga menyebabkan mata kering. Hal ini dipengaruhi oleh peningkatan reaksi imun (kekebalan tubuh) di sel saluran lakrimal (kelenjar air mata) dan kerusakan sel-sel tertentu oleh hormon prolaktin.

Selain itu, kekeringan pada mata juga dipengaruhi oleh dehidrasi yang disebabkan oleh mual dan muntah saat hamil dan penggunaan obat antimual. Karena itu, sebaiknya konsultasikan kondisi Anda pada dokter mata untuk memastikan penyebab mata kering saat hamil. Dengan begitu, Anda jadi tahu cara mengatasinya.

The post Mengapa Saat Hamil Mata Terasa Kering? 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2wUUJDo


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar