Kapan Boleh Beraktivitas Normal Lagi Pasca Operasi Usus Buntu?

Radang usus buntu bisa jadi hal yang berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat. Maka dari itu, biasanya dokter akan langsung menganjurkan pasiennya untuk menjalani operasi. Lalu setelah menjalani operasi usus buntu, apakah pemulihannya akan memakan waktu yang lama? Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar tubuh bisa sembuh kembali pasca operasi usus buntu?

Harus istirahat berapa lama pasca operasi usus buntu?

Memang, operasi usus buntu termasuk tindakan medis yang ringan dan tidak terlalu parah. Namun, bukan berarti Anda dapat langsung melakukan berbagai aktivitas sesaat setelah operasi dilakukan. Faktanya, tubuh Anda tetap memerlukan pemulihan. Lalu seberapa lama tubuh dapat pulih?

Waktu pemulihan biasanya tergantung pada kondisi masing-masing dan jenis prosedur medis apa yang dilakukan untuk mengatasi radang usus buntu. Pasalnya, ada dua prosedur yang tujuannya sama, yaitu mengangkat bagian usus buntu yang meradang. Yang pertama adalah laparoskopik dan kedua adalah operasi terbuka.

Laparoskopik

Bila Anda menjalani laparaskopik, maka waktu penyembuhan yang dibutuhkan cenderung lebih pendek ketimbang operasi terbuka. Karena prosedur medis ini tidak menimbulkan luka yang besar pada pasien sehingga pasien dapat cepat sembuh. Waktu yang dibutuhkan sekitar 1-3 minggu untuk Anda dapat kembali bekerja, berolahraga, serta melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Operasi terbuka

Sementara operasi usus buntu yang terbuka, mengakibatkan seseorang memiliki luka bekas jahitan. Hal ini membuat Anda harus menunggu luka operasi itu sembuh dulu, baru Anda dapat melakukan berbagai aktivitas normal. Belum lagi, dengan menjalani prosedur ini jaringan di sekitar perut Anda robek dan membutuhkan waktu untuk ‘menyatu kembali’ pasca operasi usus buntu.

Untuk operasi terbuka, waktu pemulihan yang dibutuhkan adalah sekitar 4 minggu. Setelah ini, biasanya jahitan bekas operasi sudah dapat dicabut dan jaringan di sekitar usus telah membaik. Sementara, jaringan di sekitar perut Anda membutuhkan waktu lebih lama, yaitu sekitar 6 minggu.  

cara mengatasi cemas dan takut sebelum operasi

Apa yang harus saya lakukan agar cepat pulih pasca operasi usus buntu?

Meski harus menunggu beberapa waktu, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk membuat pemulihan Anda menjadi lebih cepat. Berikut adalah tips untuk membuat masa pemulihan pasca operasi usus buntu lebih cepat:

  • Istirahat yang cukup, jangan melakukan aktivitas yang berat dulu sebelum dokter mengizinkannya.
  • Jaga kebersihan diri, apalagi di area sekitar bekas luka operasi. Jangan sampai luka operasi Anda basah terkena air.
  • Hindari mengangkat beban yang berlebihan selama 2 minggu setelah operasi usus buntu.
  • Hindari juga melakukan aktivitas yang berat, seperti bersepeda, jogging, atau bahkan olahraga aerobik.
  • Mengonsumsi makanan yang sehat dengan protein yang tinggi. Makanan berprotein tinggi dapat mempercepat pemulihan jaringan yang rusak akibat operasi usus buntu.
  • Jangan lupa untuk menghabiskan obat antibiotik yang dokter berikan. Obat antibiotik berfungsi untuk mencegah berbagai infeksi pada luka operasi.

The post Kapan Boleh Beraktivitas Normal Lagi Pasca Operasi Usus Buntu? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2xuJPkI


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar