Jangan Malas Gerak! Ini Dia 4 Manfaat yang Bisa Anda Dapat dari Berkeringat

Banyak orang yang menghindari berlama-lama beraktivitas di luar ruangan karena tidak suka berkeringat. memang sih, keringat itu bikin badan lengket dan bau apek. Tidak sedap dipandang mata. Tapi jangan jadikan ini alasan untuk Anda seharian malas-malasan di ruangan ber-AC. Entah itu keringat karena jalan kaki ke kantor, keringatan di gym, atau keringatan karena makan pedas, ini dia beragam manfaat berkeringat untuk kesehatan tubuh Anda — dan tipsnya supaya Anda bisa lebih banyak berkeringat.

Manfaat berkeringat untuk kesehatan

1. Membuang racun dari tubuh

Keringat adalah cara alami tubuh Anda untuk membuang racun. Selain mengandung cairan tubuh, keringat juga membawa berbagai jenis senyawa, termasuk sejumlah kecil logam seperti kadmium, aluminium, dan mangan yang berpotensi beracun jika terlalu banyak disimpan dalam tubuh.

Ada kurang lebih dua hingga lima juta kelenjar keringat yang tersebar di kulit manusia untuk membantu membuang banyak zat beracun yang ada di tubuh.

2. Mempercantik kulit

Pada saat Anda berkeringat, kelenjar keringat akan memproduksi banyak keringat yang keluar dari pori-pori kulit. Dengan begitu, kotoran yang terkunci di dalam pori-pori kulit akan terdorong keluar oleh keringat, sehingga pori-pori akan kembali bersih dan segar. Itu sebabnya banyak yang bilang bahwa berolahraga bisa bikin Anda tambah cantik.

Namun manfaat ini hanya bisa didapatkan bila Anda berkeringat dengan tidak berlebihan. Jika keringat keluar secara berlebihan atau disebut sebagai hiperhidrosis, kondisi ini justru dapat memicu tumbuhnya jamur dan munculnya eksim. Untuk itu, hindari kafein yang dapat memicu keringat berlebih.

3. Menurunkan stres

Keringat tidak secara langsung dapat menurunkan stres atau meningkatkan suasana hati. Namun, meningkatkan panas tubuh dengan berolahraga atau sauna dapat melepaskan endorfin dan senyawa kimia lainnya yang dilepaskan otak untuk memperbaiki mood dan menurunkan stres secara natural.

4. Menurunkan risiko batu ginjal

Berkeringat bisa menjadi cara yang efektif untuk mengeluarkan garam dan mempertahankan kalsium di tulang Anda. Hal ini dapat membatasi akumulasi garam dan kalsium di ginjal dan urin yang merupakan asal dari batu ginjal. Bukan kebetulan jika orang yang berkeringat cenderung minum lebih banyak air dan cairan, yang merupakan metode pencegahan lain untuk batu ginjal.

Sebuah penelitian pada konferensi American Urological Association, menemukan bahwa berjalan selama beberapa jam dalam seminggu dapat mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Berkeringat membantu membersihkan sistem lebih efisien karena menuntut tubuh untuk minum lebih banyak.

Tips mudah agar berkeringat setiap hari

Mengeluarkan keringat sangat baik untuk kesehatan tubuh karena dengan berkeringat tubuh mampu mengeluarkan racun-racun berbahaya. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan agar berkeringat secara alami.

  • Meningkatkan intensitas olahraga. Berkeringat adalah cara tubuh Anda mengatur suhu tubuhnya, sehingga dengan berolahraga dapat meningkatkan inti tubuh Anda cukup panas dan memicu kelenjar keringat Anda.
  • Berada di dalam ruangan yang panas. Jika kita berada di dalam suatu ruangan yang pengap kurang ventilasi udara, maka biasanya kita akan kegerahan sehingga tubuh pun akan mengeluarkan keringat secara otomatis. Selain itu bisa juga dengan masuk ke dalam ruangan mandi uap panas di tempat-tempat yang menyediakannya.
  • Menggunakan baju dengan beberapa lapis. Lapisan tambahan dapat menjebak panas di samping kulit dan membantu meningkatkan suhu tubuh Anda. Pemanasan akan mengaktifkan kelenjar keringat Anda.
  • Perpanjang durasi olahraga Anda. Mungkin Anda perlu meningkatkan durasi rutinitas olahraga Anda. Semakin lama Anda berolahraga, semakin besar kemungkinan suhu tubuh Anda akan meningkat dan dapat memicu keringat.

Namun perlu dipahami juga bahwa saat Anda berkeringat, Anda mengurangi jumlah cairan di tubuh Anda. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, Anda perlu sesuaikan kemampuan tubuh Anda sendiri sampai sejauh mana Anda mampu berkeringat tanpa harus merasa kehausan amat sangat. Minum juga air yang banyak sebelum berolahraga dan terus mengisi cairan tubuh yang hilang secara berkala saat berolahraga.

The post Jangan Malas Gerak! Ini Dia 4 Manfaat yang Bisa Anda Dapat dari Berkeringat appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2yDdVCQ


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar