Hati-hati, Pembalut Herbal Bisa Sebabkan Wanita Terkena Infeksi Bakteri Vagina

Pembalut komersil sering mengakibatkan kulit di area intim Anda iritasi kemerahan, gatal, dan berbau tak sedap. Untuk mengatasi masalah tersebut maka muncullah jenis pembalut herbal, yang mengandung bahan-bahan herbal dan sering dikatakan baik untuk kesehatan vagina. Tapi apakah benar pembalut herbal itu baik?

Apa itu pembalut herbal?

Pembalut herbal merupakan pembalut wanita yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman untuk digunakan. Pembalut herbal ini mengandung beberapa bahan herbal yang diklaim membawa banyak manfaat, antara lain:

  • 100 persen terbuat dari kapas
  • Tidak mengandung zat pemutih
  • Tidak mengandung dioxin
  • Membasmi bakteri dan bau
  • Mengandung 17 bahan herbal alami yang berkhasiat tinggi untuk mengatasi masalah kewanitaan, seperti gatal-gatal, keputihan, dan lain-lain.

Dari beberapa manfaat dan keuntungan tersebut memang kelihatannya pembalut herbal aman untuk digunakan sehari-sehari. Pembalut herbal dianggap unggul dari pembalut biasa karena terbuat dari 100 persen kapas dan tidak mengandung pemutih klorin yang menjadi faktor risiko keputihan. Namun pembalut herbal belum terbukti 100% aman, sehingga para dokter tidak menganjurkan wanita untuk menggunakan pembalut “alternatif” ini.

Wanita rentan terkena infeksi vagina jika pakai pembalut herbal

Pembalut herbal mengandung pewangi natural. Tapi pewangi, baik itu herbal maupun sintetis, adalah hal terakhir yang ingin Anda tempatkan di dekat vagina Anda. Pewangi akan mengganggu pH alami dalam vagina sehingga membunuh koloni bakteri baik dan kemudian memicu berkembangnya bakteri jahat, yang dapat memicu infeksi bakteri seperti bacterial vaginosis.

Tanda atau gejala jika seorang wanita terkena bacterial vaginosis adalah keputihan yang tidak normal, vagina gatal, dan rasa sakit atau nyeri saat/setelah berhubungan seks dan saat buang air kecil.

Terlebih lagi, pembalut herbal diklaim mengandung sifat antiseptik yang dapat menyingkirkan masalah bau vagina. Penggunaan antiseptik sendiri dalam bentuk apapun untuk vagina tidak disarankan, karena dapat mengganggu keseimbangan koloni bakteri baik dan jahat. Kondisi inilah yang dapat memudahkan terjadinya infeksi vagina. Keseimbangan pH vagina yang terganggu dalam jangka panjang dapat mengubah aroma vagina normal Anda menjadi berbau.

Tetap lebih baik pakai pembalut biasa

Pilihlah pembalut yang baik dan sehat. Pilihlah pembalut yang memilki daya serap sesuai dengan aliran darah Anda yang keluar. Ganti pembalut yang Anda pakai secara teratur, 4-6 jam sekali.

The post Hati-hati, Pembalut Herbal Bisa Sebabkan Wanita Terkena Infeksi Bakteri Vagina appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2whz7fS


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar