Apa Benar Susu A2 Lebih Sehat Dibanding Susu Biasa?

Baru-baru ini dunia kesehatan sedang ramai membicarakan kelahiran varian susu baru yang katanya lebih baik dan lebih sehat dibandingkan jenis susu lainnya. Varian susu baru ini dinamakan susu A2. Lantas, apa itu susu A2 dan apa bedanya dengan jenis susu lainnya? Baca terus untuk mengetahui jawabannya.

Apa itu susu A2?

Sama halnya dengan susu pada umumnya, susu ini merupakan jenis susu yang juga dihasilkan dari sapi perah. Namun, berbeda dengan susu biasa yang mengandung kandungan dua tipe protein beta-casein yakni A1 dan A2. Maka susu A2 ini hanya mengandung A2 protein beta casein saja karena diproduksi dari sapi yang secara alami hanya memiliki kandungan protein A2.

Jadi, secara sederhana susu A2 merupakan produk susu yang hanya memiliki kandungan protein A2 dari sapi khusus atau sapi pilihan yang sudah diseleksi secara ketat. Susu ini telah dipasarkan di Australia dan Selandia Baru selama beberapa tahun, dan baru saja memasuki pasar Amerika Serikat.

Lantas, apa benar susu A2 lebih sehat?

Biasanya seseorang mengonsumsi susu dengan kandungan 40 persen A1 dan 60 persen A2. Perbedaan kedua kandungan itu dinilai sedikit. Pasalnya, A1 memiliki asam amino histidin yang terletak pada posisi n67 dalam rantai protein. Sementara itu A2 memiliki asam amino prolin.

Dalam prosesnya, agar makanan dan minuman diserap tubuh, mereka harus dipecah oleh protein pencernaan. Ketika sampai pada protein A1, enzim tubuh memecahnya pada histidin yang kemudian menciptakan fragmen protein yang disebut dengan senyawa beta-casomorphin-7 (BCM-7).

Nah, fragmen tersebutlah yang mempengaruhi pencernaan dan menghasilkan serangkaian gejala yang mirip dengan intoleransi laktosa, seperti ketidaknyamanan perut, perut bergas, kembung, dan diare yang terjadi setelah mengonsumsi produk susu. Sedangkan untuk susu A2 ,tidak terdapat BCM-7 karena tidak memiliki asam amino histidin dan hanya memiliki asam amino prolin, sehingga dinilai lebih bersahabat untuk fungsi pencernaan.

Tapi, hal tersebut mungkin tidak berlaku bagi orang-orang yang memang memiliki tingkat sensitif tinggi terhadap protein susu, mengingat sejatinya kandungan protein tetap ada di dalam susu A2. Walaupun bisa juga susu jenis ini memang menjadi solusi bagi orang-orang yang punya toleransi rendah atau alergi dengan laktosa.

Senyawa amino prolin yang terkandung dalam susu jenis ini pun dinilai bermanfaat dalam menjaga otot dan sendi. Tidak hanya itu, prolin berperan dalam produksi sel dengan memecah protein yang berguna bagi kulit terlebih saat ada luka untuk mengurangi peradangan atau perdarahan.

Tapi jangan sembarangan minum susu A2

Dilansir dari Huffington Post, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat kesehatan dari susu A2 yang dinilai lebih baik dibandingkan dengan jenis susu lainnya. Tidak hanya itu, penelitian lebih lanjut juga dibutuhkan untuk memastikan apakah susu A2 bisa jadi salah satu solusi bagi mereka yang alergi terhadap susu atau tidak.

Walaupun, perusahaan A2 Milk Company – perusahaan yang memproduksi susu A2 di Selandia Baru sejak tahun 2000, mengklaim susu A2 ini bisa jadi pilihan untuk orang yang sensitif dengan susu tradisional pada umumnya, dan telah menyertakan keterangan dari European Safety Authority untuk menunjang klaim tersebut.

The post Apa Benar Susu A2 Lebih Sehat Dibanding Susu Biasa? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2yNmNFY


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar