5 Manfaat Kedelai, Camilan yang Tak Kalah Sehat dari Oatmeal

Kebanyakan orang mungkin menganggap kalau oatmeal merupakan camilan sehat yang kaya nutrisi. Namun, tahukah Anda, jika kedelai juga bisa dijadikan camilan yang tidak kalah sehat dari oatmeal? Yap! Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan serat dan protein. Ketahui manfaat kedelai sebagai camilan sehat dalam artikel ini.

Kandungan nutrisi kacang kedelai

Kacang kedelai memiliki cita rasa manis dengan tekstur halus. Selain rasanya yang nikmat, kacang kedelai juga mengandung protein tinggi. Dalam satu mangkuk kecil atau 100 gram kacang kedelai rebus mengandung sekitar 17 gram protein, 10 gram karbohidrat, dan 173 kalori.

 

Nutrisi yang tidak kalah penting dalam kacang kedelai adalah kandungan seratnya. Dalam 100 gram kacang kedelai juga mengandung 6 gram serat pangan. Kandungan serat pangan ini diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan membantu menurunkan kadar kolesterol.

 

Tidak hanya itu, kacang kedelai juga kaya akan vitamin dan mineral seperti mangan, selenium, kalium, tembaga, fosfor, magnesium, zat besi, vitamin B6, Folat, vitamin B2, vitamin B1, dan vitamin K yang baik bagi tubuh.

Manfaat kesehatan menjadikan kedelai sebagai camilan sehat

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan menjadikan kedelai sebagai camilan sehat:

1. Sumber protein nabati

Kedelai dianggap sebagai sumber protein lengkap karena mengandung semua jenis asam amino esensial. Asam amino esensial adalah jenis yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, namun tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Sehingga memerlukan makanan yang mengandung asam amino esensial untuk memenuhi kebutuhannya. Kandungan protein dalam kedelai ini dapat berfungsi sebagai protein alternatif dari jenis hewani, seperti daging sapi, unggas, dan telur jika Anda mengombinasikan sumber-sumber protein nabati lainnya.

Bila Anda ingin mengurangi konsumsi daging, Anda tetap dapat memperoleh manfaat protein salah satunya dengan mengonsumsi kedelai.

Nah, salah satu produk olahan kedelai yang kaya serat dan protein adalah SOYJOY. SOYJOY adalah snack sehat yang terbuat dari kedelai utuh sehingga bisa dicerna perlahan oleh tubuh dan membuat Anda kenyang lebih lama. Anda bisa mengonsumsi SOYJOY 2 jam sebelum makan besar yang bisa membantu Anda mengurangi asupan karbohidrat berlebih ataupun kalap saat makan.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan minyak yang berasal dari kedelai merupakan sumber lemak tak jenuh ganda yang baik untuk tubuh. Kedelai juga nyatanya tidak mengandung kolesterol (0 kolesterol) yang tentunya baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, kandungan protein dan isoflavon dalam kedelai mampu mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Sehingga bisa juga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Memperlancar pencernaan

Kandungan serat dalam kedelai juga membantu menjaga saluran pencernaan yang sehat, termasuk membantu masalah buang air besar agar lancar dan teratur. Mengonsumsi kedelai secara rutin akan mengurangi risiko Anda terkena sembelit, kanker usus besar, penyakit divertikular (hernia), dan wasir. Namun ingat, jangan lupa untuk mengontrol porsi makan kedelai Anda agar tidak berlebihan, ya!

4. Menjaga berat badan

Tidak hanya baik untuk memperlancar sistem pencernaan, kandungan serat yang tinggi pada kedelai juga berperan sebagai alat untuk mengatur berat badan. Makanan ini memiliki indeks glisemik rendah (GI) dalam mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga mengonsumsi kedelai dapat membantu Anda dalam mengontrol rasa lapar. Hal ini tentunya akan sangat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan.

5. Mencegah osteoporosis

Kandungan protein dalam kedelai bisa membantu tubuh untuk menyerap kalsium yang lebih baik dalam tulang. Isoflavon yang hadir dalam makanan kedelai berfungsi untuk memperlambat pengeroposan tulang dan menghambat kerusakan tulang untuk mencegah terkena risiko osteoporosis.

The post 5 Manfaat Kedelai, Camilan yang Tak Kalah Sehat dari Oatmeal appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2xCH2rx


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar