3 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan, dan Variasi Cara Memasaknya Agar Tak Cepat Bosan

Kembang kol adalah jenis sayuran yang mudah ditemui di Indonesia. Ada banyak manfaat kembang kol untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, di samping kandungan nutrisinya yang baik untuk tubuh, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan fitokimia lainnya. Agar Anda lebih berselera memakannya begitu tahu apa manfaat di balik sayuran yang berbentuk bunga ini, kami juga menyediakan variasi resep kembang kol yang dapat Anda olah menjadi berbagai macam menu makanan harian. Catat baik-baik, ya!

Manfaat kembang kol untuk kesehatan

1. Mengurangi risiko kanker

Kembang kol mengandung salah satu senyawa belerang sulforaphane yang telah terbukti dapat membunuh sel induk kanker. Senyawa ini dapat memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Sulforaphane dapat menghambat enzim histone deacetylase (HDAC), yang diketahui terlibat dalam perkembangan sel kanker. Menurut penelitian, sulforaphane dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada melanoma, kanker prostat, kanker esofagus, dan kanker pankreas.

Kembang kol juga mengandung antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari oksidasi akibat stres, dan mencegah kerusakan sel-sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Salah satu antioksidan ini adalah indole-3-carbinol atau I3C, yang juga biasa ditemukan pada sayuran silangan lainnya, seperti kubis dan brokoli. Antioksidan ini bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker payudara.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kembang kol mengandung senyawa glucoraphanin yang dapat membantu menjaga pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah Anda akan terjaga dengan baik. Glucoraphanin akan diubah oleh tubuh menjadi isothiocyanates, yang akan mengaktifkan zat antiperadangan dan mencegah penumpukan lemak dalam pembuluh darah. Hal ini akan membantu mencegah penyumbatan aliran darah.

Isothiocyanate, indole-3-carbinol atau I3C merupakan komponen antiperadangan yang berfungsi pada tingkat genetik dan menghambat dorongan inflamasi pada tahap awal. Indole-3-carbinol telah terbukti secara efektif pada sintesis lipid, kadar trigliserida, kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

3. Baik untuk pencernaan

Manfaat kembang kol lainnya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kembang kol mengandung tinggi serat dan air yang penting untuk mencegah sembelit dan juga menurunkan risiko kanker usus besar. Asupan serat yang lebih tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan penurunan berat badan bagi orang yang obesitas.

Resep kembang kol yang sehat dan sederhana

Kembang kol tak cuma bisa ditumis atau dimasukkan ke dalam salad. Variasi resep kembang kol di bawah ini dapat Anda jadikan inspirasi olahan berbagai macam menu makanan harian.

1. Nasi kembang kol

Resep kembang kol sederhana ini dibuat dengan menumbuk halus kuntum bunga kembang kol sehingga bentuknya mirip dengan nasi. Masak menggunakan minyak zaitun dan bawang merah, dan tambahkan nasi sedikit saja. Makanan vagan pengganti nasi ini termasuk rendah karbohidrat.

2. Kembang kol rebus dengan saus blue cheese

Kembang kol direbus, lalu makan dengan dilumuri saus keju rendah kalori dan lemak. Ini bisa dijadikan lauk untuk makan siang Anda atau bisa juga dijadikan sebagai cemilan sehat.

3. Lasagna kembang kol

Resep kembang kol ini melibatkan keju ricotta sebagai isian dari lapisan “lasagna” versi vegan. Kembang kol juga digunakan sebagai pengganti sosis. Tambahkan paprika merah manis dan saus tomat.

4. Kembang kol panggang krim saus keju

Krim saus keju dibuat dengan menggunakan butter, keju dan susu. Kemudian kembang kol direbus dan dicampur dengan krim saus, setelah itu dipanggang.

The post 3 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan, dan Variasi Cara Memasaknya Agar Tak Cepat Bosan appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2fCVGZm


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar